Minggu, 14 April 2019 15:17

Keren, Instagram Hadirkan Stiker Anti-Golput Pemilu 2019

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Instagram.
Foto: Instagram.

Instagram meluncurkan rangkaian stiker Pemilu 2019. Ini adalah kali pertama mereka membuat stiker khusus untuk Indonesia. 

RAKYATKU.COM - Instagram meluncurkan rangkaian stiker Pemilu 2019. Ini adalah kali pertama mereka membuat stiker khusus untuk Indonesia. 

Stiker ini diharapkan dapat digunakan untuk momen dan cerita mereka tentang pemilihan 2019 dengan cara lebih lengkap dan menyenangkan.

"Kami menghadirkan stiker pemilihan khusus agar pengguna dapat terus membagikan pengalaman dan momen penting ini dengan lebih mudah dan menyenangkan lagi," ungkap Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari, dalam keterangannya seperti dikutip Detik.com, Minggu (14/4/2019). 

Menghadirkan stiker Pemilu, Instagram berkolaborasi dengan komikus muda Indonesia, Reza Mustar atau yang lebih dikenal sebagai @komikazer. 

"Secara pribadi, saya ingin membuat percakapan tentang negara Indonesia melalui karya seni yang saya buat dan bagikan melalui Instagram. Saya ingin mendorong anak-anak muda untuk terlibat aktif dan menggunakan hak pilih mereka pada tanggal 17 April nanti, maka saya sangat senang ajakan positif Instagram untuk membuat stiker pemilihan Instagram pertama di Indonesia. Saya meminta karya saya ini dapat membantu tujuan kami bersama untuk mendukung tingkat partisipasi muda dalam menyampaikan suara mereka untuk Indonesia," kata Reza. 

Ada tiga pilihan desain stiker yang dibuatnya, yaitu "Saya Pilih Indonesia", "Suara Indonesia", dan "Nyoblos Yuk".

"Sebagai Saya memilih kalimat 'Saya Pilih Indonesia' undangan Untuk Anak-anak muda di Indonesia untuk review using hak suaranya KARENA DENGAN Ikut memilih di Tanggal 17 Nanti April, ITU Berarti kitd memilih untuk review Kebaikan Indonesia," ujarnya.

Ketiga stiker tersedia 14-17 April dan dapat diakses dengan cara berikut: 

-Buka ikon kamera di aplikasi Instagram untuk membuat Story 
-Ambil foto atau video kamu 
-Ketuk ikon smiley buat kotak di pojok kiri atas Story kamu 
-Kamu akan melihat stiker pemilihan Instagram. Untuk melihat tiga desain, ketuk tulisan "ketuk untuk 
lebih banyak" di bagian atas stiker, kemudian pilih desain yang ingin kamu gunakan.

Selain stiker, Instagram mendukung perlindungan Pemilu di platform-nya dengan meluncurkan fitur, seperti meningkatkan persetujuan akun dengan fitur "Tentang Akun". 

Adanya fitur ini untuk memberantas misinformasi dan tingkatkan kemampuannya dan pasang akun-akun yang tidak dapat dipercaya di Instagram. 

"Menjaga keamanan komunitas merupakan hal yang sangat penting bagi Instagram. Kami meminta dukungan- kami yang dapat membuat Instagram ini menyediakan berekspresi dan berbagi aspirasi yang aman dan positif untuk masyarakat Indonesia," kata Ruben Hattari.