Senin, 04 Januari 2021 19:03

Resmi Dibuka, Ini Jadwal Tahapan Pendaftaran SNMPTN Unhas 2021

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Suharman Hamzah dan Ishaq Rahman
Suharman Hamzah dan Ishaq Rahman

Sesuai ketentuan, sekolah-sekolah dapat mengusulkan siswa yang eligible untuk mengikuti SNMPTN berdasarkan kriteria akreditasi sekolah.

RAKYATKU.COM -- Universitas Hasanuddin melalui Direktorat Komunikasi menggelar Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2021.

Kegiatan dikemas melalui live streaming pada akun sosial media resmi Instagram Unhas @hasanuddin_univ mulai pukul 16.00 Wita, Senin (4/1/2021).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut usai peluncuran secara resmi tahapan SNMPTN 2021 oleh Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang telah berlangsung pagi pukul 11.00 wita hari yang sama.

Baca Juga : Begini Kata GM PLN UID Sulselrabar kepada Mahasiswa UNHAS tentang Transisi Energi

Kegiatan ini dimaksudkan memberikan informasi terkait proses, tahapan, persyaratan, serta seluk-beluk penerimaan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin. Khususnya melalui jalur SNMPTN.

Hadir sebagai narasumber adalah Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, PhD. Dipandu Kasubdit Humas dan Informasi Publik Unhas, Ishaq Rahman, AMIPR.

Suharman menjelaskan bahwa secara umum proses masuk PTN, khususnya Unhas, tidak mengalami perubahan dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga : BPJS Kesehatan Kembali Bekerjasama dengan UNHAS. Wakil Rektor IV; Semua Wajib Punya BPJS Kesehatan

Terdapat tiga jalur masuk, yaitu jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri.

"Hari ini secara resmi LTMPT telah meluncurkan dimulainya tahapan SNMPTN 2021. Pihak sekolah diharapkan untuk segera membuat akun LTMPT dan melengkapi data pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS, untuk menentukan siswa yang eligible sebagai peserta SNMPTN," kata Suharman.

Sesuai ketentuan, sekolah-sekolah dapat mengusulkan siswa yang eligible untuk mengikuti SNMPTN berdasarkan kriteria akreditasi sekolah.

Baca Juga : IOH Masuk Kampus Kampanyekan Anti Hate Speech Lewat Kompetisi dan Festival Film Pendek SOS 2023

Untuk sekolah yang memiliki akreditasi A dapat mengusulkan 40 persen dari siswa terbaiknya. Sekolah akreditasi B dapat mengusulkan 25 persen siswa terbaiknya. Sementara sekolah dengan akreditasi C atau lainnya dapat mengusulkan 5 persen siswa terbaiknya.

"Semua informasi resmi seputar proses SNMPTN dapat langsung dilihat pada laman resmi LTMPT. Hal ini penting sebagai sumber rujukan yang kredibel. Selain itu, perlu juga diperhatikan mengenai jadwal-jadwal pentingnya, karena ada batasan waktu yang diberikan dan hal ini jangan dipandang enteng," jelas Suharman.

Terkait informasi resmi tentang SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 dapat dilihat melalui laman http://www.ltmpt.ac.id maupun akun sosial media resmi yang dimiliki LTMPT.

Baca Juga : Launching Kerjasama BUPK Polbangtan Gowa dan UNHAS, Mentan Ajak Mahasiswa Masuk Bisnis Pertanian

Live streaming selanjutnya diisi dengan menjawab pertanyaan dari follower instagram Unhas. Acara ini disaksikan kurang lebih 350 viewer berlangsung lancar hingga pukul 17.00 Wita.

Jadwal SNMPTN 2021

- Peluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2021: 4 Januari 2021
- Registrasi Akun LTMPT: 4 Januari sampai 1 Februari 2021
- Penetapan Siswa yang eligible oleh Sekolah: 4 Januari sampai 8 Februari 2021
- Pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS): 11 Januari sampai 8 Februari 2021
- Pendaftaran SNMPTN: 15-24 Februari 2021
- Pengumuman Hasil SNMPTN: 22 Maret 2021

Baca Juga : Ditjen KI Tandatangan Nota Kesepahaman dengan UNHAS Bangun SDM Kemenkumham

 

#SNMPTN #unhas