Senin, 02 September 2024 18:02

Chiki Fawzi dan Daeng Uki Apresiasi Dompet Dhuafa Sulsel dalam Pemberdayaan Kopi di Desa Kahayya, Bulukumba

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Chiki Fawzi dan Daeng Uki Apresiasi Dompet Dhuafa Sulsel dalam Pemberdayaan Kopi di Desa Kahayya, Bulukumba

"Selama berada di sini, saya melihat bagaimana Dompet Dhuafa mendampingi para petani dengan begitu cermat mulai dari proses panen, pengelolaan pasca panen, hingga pemasaran kopi, sehingga menghasilkan kopi yang enak dan bernilai jual tinggi," ujar Chiki, anak dari Ikang Fawzi.

RAKYATKU.COM -- Dompet Dhuafa Sulsel menghadirkan dua sosok inspiratif, Chiki Fawzi dan Daeng Uki dalam kegiatan Hulu Trip Pemberdayaan Kopi yang berlangsung dari tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2024 di Desa Kahayya, Bulukumba.

Hal ini untuk memperluas publikasi mengenai pemanfaatan dana zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan melalui Dompet Dhuafa.

Chiki Fawzi, seorang musisi dan influencer yang juga dikenal sebagai super volunteer Dompet Dhuafa sejak tahun 2015, serta Daeng Uki, tokoh dan Key Opinion Leader (KOL) asal Makassar yang juga aktif dalam kegiatan sosial dan dakwah.

Baca Juga : LKC Dompet Dhuafa Sulsel Luncurkan Program Kampung Sehati untuk 200 Keluarga Terdampak Banjir di Luwu

Chiki Fawzi mengungkapkan kekagumannya terhadap potensi kopi Kahayya yang menurutnya dapat bersaing dengan kopi-kopi terkenal lainnya di Indonesia, seperti Kopi Solok Sirukam dan Kopi Aceh.

"Saya adalah salah satu pencinta dan loyal customer kopi Kahayya. Saya sangat speechless ketika memasuki Desa Kahayya, di mana saya tidak menyangka bisa datang ke daerah hulu kopi yang selama ini saya konsumsi. Selama berada di sini, saya melihat bagaimana Dompet Dhuafa mendampingi para petani dengan begitu cermat mulai dari proses panen, pengelolaan pasca panen, hingga pemasaran kopi, sehingga menghasilkan kopi yang enak dan bernilai jual tinggi," ujar Chiki, anak dari Ikang Fawzi.

Daeng Uki juga memberikan pandangannya mengenai pentingnya pengelolaan kopi yang baik dan cermat agar dapat memberikan manfaat maksimal bagi para petani.

Baca Juga : LKC Dompet Dhuafa Sulsel Bersama Dinkes Kabupaten Pangkep Resmi Luncurkan Program "Bidan Untuk Negeri"

"Jangan heran kalau kopi yang berkualitas dan enak itu mahal, karena pengelolaannya juga tidak mudah. Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Dompet Dhuafa atas dedikasinya dalam mendampingi para petani kopi kita, sehingga mereka dapat terus mempertahankan kualitas kopi yang mereka miliki," ungkap Daeng Uki, yang juga dikenal sebagai panglima suporter PSM.

Tidak hanya itu, acara ini juga melibatkan mitra Dompet Dhuafa dari Lazuna Indonesia, yang menyampaikan rasa terima kasih atas undangan untuk menghadiri Hulu Trip yang dikemas dengan sangat berkesan.

"Semoga kolaborasi Dompet Dhuafa dan Lazuna Indonesia terus terjalin dengan baik, dan kami dari Lazuna Indonesia akan terus mendorong Dompet Dhuafa untuk memberikan lebih banyak lagi manfaat kepada masyarakat," ujar Ririn dari Lazuna Indonesia.

Baca Juga : Hulu Trip Dompet Dhuafa Sulsel: Kenalkan Pemberdayaan Kopi di Desa Kahayya, Bulukumba

Kegiatan Hulu Trip ini juga dirangkai dengan acara tahunan di Bulukumba, Senandung Kopi Kahayya, yang digagas oleh salah satu lokal hero Dompet Dhuafa di Bulukumba. Acara ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga dan melestarikan budaya masyarakat Kahayya melalui kecintaan terhadap kopi khas daerah tersebut.

#Dompet Dhuafa Sulsel #Kopi Kahayya #Chiki Fawzi #Daeng Uki #Pemberdayaan kopi