Rabu, 06 Maret 2024 14:56

Optimalkan Manajemen ZIS, BAZNAS Sulsel Gelar Bimtek Operator SIMBA

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Optimalkan Manajemen ZIS, BAZNAS Sulsel Gelar Bimtek Operator SIMBA

Ketua BAZNAS Sulsel, M.Khidri Alwi, menekankan pentingnya aplikasi SIMBA dalam menjalankan fungsi pelaporan pengumpulan dan pendistribusian ZIS

RAKYATKU.COM -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) khusus untuk operator Sistem Informasi Manajemen BAZNAS (SIMBA) yang berlangsung di Hotel Arthama, Makassar, mulai dari tanggal 4 hingga 6 Februari 2024.

Acara ini dihadiri oleh Ketua BAZNAS Sulsel, H.M.Khidri Alwi, bersama dengan Wakil Ketua 1 Gus H.M.Irfan Sanusi, Wakil Ketua 2 KH.M.Ishaq Samad, Wakil Ketua 3 Kamaruddin, dan Wakil Ketua 4 H.Abd.Aziz Bennu, serta sejumlah pimpinan BAZNAS dari berbagai kabupaten dan kota, dengan total peserta mencapai 45 orang.

Instruktur bimbingan teknis ini, Mas Dwi dan Mas Syukri, yang datang langsung dari BAZNAS Pusat, memberikan pelatihan dan pengetahuan tentang penggunaan aplikasi SIMBA. Aplikasi ini merupakan kunci dalam pengelolaan dan pelaporan zakat, infak, dan sedekah (ZIS), yang menjadi indikator penting dalam manajemen informasi ZIS di seluruh BAZNAS, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se-Indonesia.

Baca Juga : Ketua BAZNAS RI Letakkan Batu Pertama Pembangunan Baznas Institute di Pangkep

Ketua BAZNAS Sulsel, M.Khidri Alwi, menekankan pentingnya aplikasi SIMBA dalam menjalankan fungsi pelaporan pengumpulan dan pendistribusian ZIS. "Hal ini akan menjadi barometer atau indikator pelaksanaan manajemen informasi ZIS yang baik di masing-masing BAZNAS," ujar Khidri, Rabu (6/3/2024).

Sementara itu, narasumber dan instruktur Mas Syukri mengapresiasi antusiasme peserta yang mengikuti Bimtek ini. Beliau menyebutkan bahwa beberapa peserta bahkan rela begadang untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh tim instruktur. Mas Dwi, instruktur lainnya, juga sangat antusias dalam menyampaikan materi dan melakukan bimbingan praktek secara langsung kepada para peserta.

Wakil Ketua 2 BAZNAS Sulsel, KH.M.Ishaq Samad, mengungkapkan penghargaannya terhadap kehadiran instruktur dari BAZNAS RI yang memberikan bimbingan secara langsung. "Hal ini tentu akan berimbas pada penilaian kinerja pimpinan BAZNAS nantinya, baik dalam hal pengumpulan maupun pendistribusian dan pendayagunaan ZIS dengan pelaporan ZIS yang terbaik di aplikasi SIMBA," harap Ishaq Samad.

Baca Juga : Lewat Program RLHB BAZNAS, Masyarakat Kabupaten Wajo Dapat Bantuan Rumah Layak Huni

Kamaruddin, Wakil Ketua 3 BAZNAS Sulsel, juga mengucapkan terima kasih kepada instruktur dan seluruh peserta serta panitia atas keberhasilan pelaksanaan Bimtek SIMBA ini. "Ke depan, pelaporan ZIS melalui SIMBA tentu akan semakin mantap pada semua BAZNAS Kab/Kota se Sulsel," tutupnya.

 

#Bimtek Operator SIMBA #Baznas Sulsel