Rabu, 08 Mei 2024 17:14

Kalla Rescue Terjun Langsung Evakuasi Korban Banjir Luwu

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kalla Rescue Terjun Langsung Evakuasi Korban Banjir Luwu

Sejumlah tim Kalla Rescue mengevakuasi warga di Kecamatan Suli dengan menggunakan armada yang dimiliki berupa perahu karet untuk diungsikan ke tempat yang lebih aman.

RAKYATKU.COM -- Akibat hujan deras dengan intensitas tinggi dan cukup lama beberapa waktu lalu, menyebabkan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah di Sulawesi Selatan, yakni Wajo, Sinjai, dan Luwu.

Menyikapi bencana tersebut, tim Kalla Rescue tidak tinggal diam dan bergerak cepat untuk membantu warga yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Sabtu (4/5/24).

Sejumlah tim Kalla Rescue mengevakuasi warga di Kecamatan Suli dengan menggunakan armada yang dimiliki berupa perahu karet untuk diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga : Tim LAZ Hadji Kalla Berikan Bantuan Logistik Bagi Korban Banjir Bandang Sulsel

Selain evakuasi warga, tim Kalla Rescue bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu, melakukan pencarian terhadap dua korban hilang. Dimana kedua korban telah ditemukan yakni bernama Ulfiana (P/8 tahun) dan satu korban lainnya Mutmita (P/5 tahun).

Rafiquah Djamil selaku Corporate Social Responsibility Department Head KALLA, mewakili seluruh insan KALLA menyampaikan rasa empati dan kepedulian terhadap korban banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa wilayah Wajo, Sinjai, dan Luwu.

“Setiap bencana tentunya membawa duka dan luka mendalam bagi setiap warga yang terdampak. KALLA turut berduka cita dan sangat prihatin terhadap warga yang terdampak. Semoga keadaan dapat segera membaik dan aktivitas warga dapat segera kembali berjalan normal,” ucap Rafiquah Djamil.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Gerak Cepat Tangani Sekolah Terdampak Bencana di Luwu

Bencana tersebut menyebabkan kerusakan pemukiman warga, fasilitas umum, lahan pertanian, perkebunan, dan masih banyak kerusakan lainnya.

Hingga sampai saat ini, tim Kalla Rescue bersama tim SAR dan PMI masih terus melakukan evakuasi warga setempat di Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, (7/5/24).

Tim Kalla Rescue dipusatkan beroperasi di Kabupaten Luwu, sebab Luwu merupakan wilayah dengan dampak terparah sejak banjir bandang dan tanah longsor melanda, Jumat (3/5/24).

Baca Juga : 16 Desa di Luwu Masih Terisolir Jadi Perhatian BNPB

Disamping evakuasi warga, tim Kalla Rescue pun turut membantu pembersihan terhadap sejumlah fasilitas umum yang terdampak banjir di Kabupaten Luwu, seperti halnya rumah ibadah. Dimana kondisi saat ini, genangan air akibat banjir sudah mulai surut.

Kedepannya, tim Kalla Rescue akan terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan membangun jejaring sesama potensi tim SAR serta terus terlibat pada upaya pertolongan dan evakuasi korban bencana. "Bukan hanya Sulawesi Selatan saja, tetapi diseluruh wilayah Sulawesi,” ungkap Rafiquah Djamil.

Kalla Rescue merupakan tim tanggap bencana yang dibentuk KALLA. Jumlah personel Kalla Rescue saat ini berjumlah 21 orang yang merupakan karyawan dari berbagai unit bisnis KALLA. Sejak hadir Agustus 2022 lalu, tim Kalla Rescue aktif turun langsung di lokasi bencana untuk membantu warga.

Baca Juga : Helikopter Pembawa Bantuan Berhasil Mendarat di Latimojong Luwu, 8 Warga Ikut Dievakuasi

 

#KALLA RESCUE #banjir luwu