Rabu, 10 Januari 2024 20:48

Klenteng Kwang Kong Gelar Prosesi Pemindahan Dewa-Dewa Sebelum Masuk Tahun Baru Imlek

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
prosesi pemindahan dewa-dewa dari gedung lama ke gedung baru
prosesi pemindahan dewa-dewa dari gedung lama ke gedung baru

Prosesi pemindahan Dewa-Dewa ini sakral

RAKYATKU.COM,MAKASSAR-- Yayasan Klenteng Kwan Kong Makassar menggelar prosesi Sakral Rupang Dewa Kwan Kong di gedung baru klenteng tepatnya di Jalan Sulawesi, Makassar, Rabu 10 Januari 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan sebelum memasuki suasana perayaan tahun baru imlek 10 Februari 2024 mendatang.

Prosesi ini merupakan kegiatan memindahkan sejumlah rupang dewa-dewa dari gedung yang lama ke gedung yang baru Klenteng Kwan Kong Makassar, yang mulai difungsikan. Dimana gedung Klenteng Kwan Kong sebelumnya telah selesai proses renovasinya, dan kini memiliki delapan lantai ucap Miguel Dharmadjie Wakil Sekertaris Yayasan Klenteng Kwan Kong Makassar.

Baca Juga : Sambut Tahun Baru Imlek 2024, Klenteng Kwang Kong Gelar Beberapa Ritual

Miguel Dharmadjie, menjelaskan proses pemindahan rupang dewa-dewa dilaksanakan hari ini tanggal 10 januari 2024 karena melihat hari baik.

“Sebenarnya ada beberapa hari baik yang dipilih sebelumnya, tetapi pengurus memilih hari ini hari baik untuk kegiatan proses pemindahan rupang dewa-dewa Buddha,” ujarnya.

Miguel Dharmadjie menyebut, proses pemilihan rupang dewa-dewa Buddha terakhir dilaksanakan pada tahun 1980-an sekitar 40 tahun lalu, proses ini tidak sembarang dilakukan oleh panitia karena ritual pemindahan Rupang dewa-dewa Buddha sangat sakral.

Baca Juga : Sambut Tahun Baru Imlek 2024, Klenteng Kwang Kong Gelar Beberapa Ritual

Sementara itu, Pembimbing Masyarakat Buddha (Pembimas Buddha) Kementerian Agama Sulsel, Pandhit Amanvijaya berterima kasih kepada Yayasan Klenteng Kwan Kong Makassar yang telah melaksanakan proses renovasi gedung ini.

Menurutnya, bantuan yang diberikan oleh pemerintah dimanfaatkan secara maksimal.

“Tugas kami selaku pemerintah yang merupakan mitra kerja tempat ibadah memang merupakan tugas dan tanggung jawab kami untuk memberi bantuan, baik sarana prasarana maupun renovasi,” kata Pandhit Amanvijaya.

Baca Juga : Sambut Tahun Baru Imlek 2024, Klenteng Kwang Kong Gelar Beberapa Ritual

Ia menambahkan, di Klenteng Kwan Kong Makassar terdapat sekolah minggu dan nantinya pemerintah siap mensupport pendidikan tersebut.

Diketahui, Klenteng Kwan Kong Makassar adalah salah satu klenteng yang tertua di tengah jantung kota Makassar dan memiliki dua puluh lima obyek penghormatan di dalamnya pungkasnya.

#Klenteng Kwang Kong