Kamis, 09 Mei 2024 16:27

Unismuh Makassar Mencari Nakhoda Baru, Delapan Bakal Calon Rektor Unismuh Makassar Kembalikan Formulir

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Calon Rektor menyerahkan berkas
Calon Rektor menyerahkan berkas

nama-nama pendaftar tersebut yakni Dr Alimuddin (Mantan Wakil Dekan IV Fakultas Teknik), Dr Abd Rakhim Nanda (Wakil Rektor I), Prof Andi Sukri Syamsuri (Wakil Rektor II) , Erwin Akib PhD (Dekan FKIP), Prof Gagaring Pagalung (Ketua BPH), Dr. Muryani Arsal (Dosen FEB) Dr Rusli Malli (Kaprodi S2 Pendidikan Islam), dan Dr. Syamsia (Dosen Faperta).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar resmi menutup masa pendaftaran calon rektor untuk periode 2024-2028 pada Rabu (8/5/2024). Delapan pendaftar telah menyerahkan berkas pendaftaran mereka, siap bersaing memperebutkan kursi kepemimpinan Unismuh.

Dr Ihyani Malik, Juru Bicara Panitia Pemilihan Rektor Unismuh Makassar, menyampaikan nama-nama pendaftar tersebut yakni Dr Alimuddin (Mantan Wakil Dekan IV Fakultas Teknik), Dr Abd Rakhim Nanda (Wakil Rektor I), Prof Andi Sukri Syamsuri (Wakil Rektor II) , Erwin Akib PhD (Dekan FKIP), Prof Gagaring Pagalung (Ketua BPH), Dr. Muryani Arsal (Dosen FEB) Dr Rusli Malli (Kaprodi S2 Pendidikan Islam), dan Dr. Syamsia (Dosen Faperta).

"Kedelapan pendaftar telah mengembalikan formulir pencalonan, selanjutnya Panitia Pemilihan akan melakukan verifikasi berkas pencalonan," ungkap Ihyani, yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Unismuh Makassar, Kamis, 9 Mei 2024.

Baca Juga : Buka Baitul Arqam Lembaga Kemahasiswaan, Rektor Unismuh Ulas Tiga Tugas Muhammadiyah

Pemilihan Rektor Unismuh Makassar akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Delapan nama Bakal Calon Rektor yang telah mendaftar, selanjutnya akan dibawa ke rapat senat untuk mendapat pengesahan.

Jabatan adalah Amanah

Ketua Panitia Pemilihan, Dr. Dahlan Lama Bawa, menekankan bahwa jabatan rektor bukan hanya sebuah posisi, tetapi amanah yang menuntut tanggung jawab besar dalam mengemban tiga tugas utama. Pertama, mempertahankan nilai Islami Unismuh dengan menjaga lingkungan kampus bebas dari asap rokok, narkoba, dan tindak kekerasan atau pelecehan seksual.

Baca Juga : Sekretaris PP Muhammadiyah Dorong Unismuh Masuk Radar Perguruan Tinggi Dunia

Kedua, mempertahankan standar akademik tinggi dengan memastikan setiap program studi memenuhi Akreditasi Unggul. Terakhir, meningkatkan jumlah mahasiswa baru dengan target 5.000 penerimaan tiap tahun, sebuah strategi untuk memperkuat keuangan universitas.

Sejarah menunjukkan, seperti pada tahun 2007 melalui Gerakan Al-Ma'un, Unismuh berhasil meningkatkan penerimaan mahasiswa baru hingga 16.000 orang, berkat pemberian beasiswa dan perhatian kepada anak yatim dan keluarga tidak mampu.

Tantangan Rektor Baru

Baca Juga : Unismuh Makassar Lantik 9 Pejabat Baru, Rektor: Bekerjalah dengan Hati

Unismuh baru-baru ini meraih akreditasi institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), memperkuat posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

Prof Ambo Asse, Rektor Unismuh saat ini, dalam berbagai kesempatan menyatakan bahwa pengakuan ini adalah hasil kerja keras seluruh civitas akademika dalam meningkatkan standar pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Program studi di Unismuh juga menunjukkan prestasi yang mengesankan dengan 23 program studi meraih Akreditasi Unggul dan A, 17 program lainnya mendapatkan Akreditasi Baik Sekali dan B, dan 13 program dengan Akreditasi Baik. Di tingkat internasional, program Sarjana Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter telah terakreditasi oleh ASIIN, sebuah lembaga akreditasi internasional yang berbasis di Jerman.

Baca Juga : Menko PMK Muhadjir Effendi Kunjungi Unismuh Makassar, Bahas Sinergi Pemerintah dan Amal Usaha Muhammadiyah

Dalam upaya memenuhi standar internasional, Unismuh telah mendapatkan sertifikasi ISO 21001-2018 yang melibatkan 59 unit kerja.

Rektor Unismuh menekankan pentingnya kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak dalam mencapai capaian tersebut. Dia juga menguraikan visi untuk masa depan Unismuh yang meliputi meningkatkan reputasi sebagai universitas riset dan membangun fondasi sebagai universitas yang diakui secara internasional.

Dalam jangka panjang, hingga 2044, Unismuh menargetkan menjadi universitas yang mengintegrasikan kewirausahaan dalam pendidikan dan menghasilkan inovasi yang dapat dihilirisasi oleh industri.

Baca Juga : 736 Mahasiswa Berprestasi Unismuh Raih Penghargaan dalam Kemahasiswaan Award 2024

Proses pemilihan Rektor baru ini diharapkan dapat mendatangkan kepemimpinan yang dapat melanjutkan dan memperluas pencapaian ini serta mengarahkan Unismuh ke puncak prestasi nasional dan internasional.

#Unismuh Makassar #Calon Rektor Unismuh