Sabtu, 18 November 2023 12:48

Jadikan Mallawa Kota Pinang, Bupati Maros Chaidir Syam Tanam Ribuan Bibit Pohon

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jadikan Mallawa Kota Pinang, Bupati Maros Chaidir Syam Tanam Ribuan Bibit Pohon

Chaidir Syam menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Maros saat ini sangat konsen atas persoalan lingkungan dan hutan.

MAROS – Bupati Maros AS Chaidir Syam bersama Ketua DPRD Maros HA Patarai Amir melakukan penanaman pohon pinang di Kantor Camat Mallawa, Sabtu (18/11/2023).

Forum Keluarga Mallawa yang menggelar gerakan penanaman pohon itu, menyiapkan sebanyak 100.000 bibit pohon pinang untuk 1.000 hari pertama.

Dalam sambutannya, Chaidir Syam menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Maros saat ini sangat konsen atas persoalan lingkungan dan hutan.

Baca Juga : Pemkab Maros Raih Penghargaan Most Child Friendly Distric CNN Indonesia Awards

“Di Maros, 40 persen wilayahnya terdiri dari kawasan hutan,” kata Chaidir Syam.

Ia menyampaikan, pihaknya baru-baru ini telah menyepakati Masterplan Integrated Area Development (IAD) Perhutanan Sosial yang bisa menunjang kesejahteraan warga di sekitar hutan tanpa merusak lingkungannya.

Adanya IAD Perhutanan Sosial ini, Chaidir Syam mengajak Tokoh Masyarakat dan Organisasi yang tergabung di Fokma bersama para Forkopimcam senantiasa mengawal UMKM yang ada, seperti produksi jahe dan kopi Mallawa serta produk lain terbantu dengan program-program perhutanan sosial ke depannya.

Baca Juga : Bupati Maros Imbau Pemilik Kedai Tutup Siang Hari Selama Ramadan

Sementara itu, Camat Mallawa, A. Kemal Wahyudi mengatakan, seluruh warganya sangat merespon dan ikut berpartisipasi dalam penanaman pohon ini. Kemal mengatakan, ribuan bibit pohon ini akan ditanam di sepanjang Jalan Poros Mallawa dan di beberap titik yang dianggap perlu.

“Bibit pohon-pohon pinang ini akan kami tanam di sepanjang jalan di Kecamatan Mallawa dan di berbagai lokasi yang dianggap perlu. Kami ingin menjadikan Mallawa ini sebagai kota Pinang,” ujar Kemal.

#pemkab maros