Selasa, 18 Oktober 2022 09:59

Buka Pekan Kebudayaan, Ketua TP PKK Parepare Dorong Pelestarian Bahasa Daerah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua TP PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan (kiri).
Ketua TP PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan (kiri).

Erna Rasyid Taufan juga mengapresiasi pekan kebudayaan yang digelar Disdikbud Parepare ini sebagai ajang untuk mendorong kecintaan budaya bagi para pelajar, khususnya jenjang SD dan SMP.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Ketua TP PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, menunjukkan kepiawaiannya berpantun Bugis. Istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare, ini tampak makin mahir berbahasa daerah.

Kemampuan itu ditunjukkan saat membuka kegiatan Pekan Kebudayaan yang digelar di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parepare, Senin (17/10/2022).

 

Berpantun Bugis merupakan upaya keteladanan yang ditunjukkan pemerhati bahasa dan budaya daerah ini agar masyarakat Parepare dapat terdorong untuk terus melestarikan bahasa daerah.

Baca Juga : Gubernur Sulsel dan Taufan Pawe Sepakat Tunda Perayaaan Hari Jadi Parepare

"Bahkan, saya sampaikan di PKK Kota Parepare sehari dalam seminggu wajib berbahasa Bugis di WA grup," ungkap Erna, sapaan karibnya.

Erna juga mengapresiasi pekan kebudayaan yang digelar Disdikbud Parepare ini sebagai ajang untuk mendorong kecintaan budaya bagi para pelajar, khususnya jenjang SD dan SMP.

"Ini adalah bagian dari memupuk kecintaan dan pengenalan hingga pada pendalaman budaya dan kebudayaan yang ada di Kota Parepare. Kami tentunya sangat support dan terus memberikan dukungan demi kemajuan kebudayaan dan majunya budaya yang ada di Kota Parepare," bebernya,

Baca Juga : TP Dukung Penuh Hadirnya Fakultas Kedokteran UNM di Parepare

Ketua DPD II Partai Golkar Parepare ini juga mendukung penuh dan berharap agar para peserta yang nantinya terpilih di tingkat kota bisa menjadi yang terbaik juga di tingkat provinsi. Dengan begitu, kekayaan budaya Parepare bisa dikenal lebih luas.

Sponsored by MGID

"Semoga Kota Parepare bisa terus menjadi yang terbaik, termasuk di tingkat kota tentunya siapa pun pemenang itulah yang terbaik nantinya, begitupun di tingkat Sulsel semoga bisa menjadi yang terbaik dan membawa harum nama Kota Parepare," ucap Ketua Dekranasda Parepare ini.

Pekan Kebudayaan yang digelar 17-22 Oktober 2022 dengan tema Kearifan Lokal untuk Hidup Berkelanjutan: Cerlang Nusantara Pandu Masa depan ini diikuti guru-guru dan pelajar.

Baca Juga : Bahas Pencegahan dan Penanganan Banjir DPRD Parepare Gelar Rapat Gabungan Komisi

Sementara, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Parepare, Mustadirham, mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian untuk seleksi ke tingkat Sulsel.

"Kegiatan Pekan Kebudayaan ini dilakukan sebagai rangkaian untuk tingkat Sulsel nantinya. Jadi, pemenang dari Pekan Kebudayaan ini akan dipertandingkan secara bertahap," ungkapnya.

Dia menjelaskan, dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan dan mengasah pemahaman pelajar tentang pentingnya menjaga budaya dan mengenal budaya di Parepare.

Baca Juga : Satu-satunya Wali Kota, Taufan Pawe Terima Penghargaan Pelestarian Bahasa Daerah dari Mendikbudristek

"Kami juga terus memberikan pemahaman tentang budaya kepada anak didik sehingga mereka bisa memahami apa kemudian yang menjadi kearifan lokal dan juga kekayaan budaya masyarakat Kota Parepare," jelas mantan Ketua KNPI Kota Parepare ini.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #erna rasyid taufan #TP PKK Kota Parepare #Disdikbud Parepare