Rabu, 19 Januari 2022 11:32

Salima Mukansanga, Wasit Perempuan Pertama yang Pimpin Pertandingan di Piala Afrika 2021

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Salima Mukansanga (tengah) (Foto twitter B/R Football)
Salima Mukansanga (tengah) (Foto twitter B/R Football)

Salima Mukansanga dari Rwanda menjadi wasit kepala dan dibantu oleh Fatiha Jermoumi (Maroko) dan dan Carine Atemzabong (Kamerun), serta Bouchra Karboubi (Maroko) di VAR.

RAKYATKU.COM-- Salima Mukansanga jadi wasit perempuan pertama yang memimpin pertandingan di ajang Piala Afrika 2021.

Sejarah baru itu terjadi ketika Zimbabwe mengalahkan Guinea 2-1 pada Selasa (18/1/2022), ketika wasit yang memimpin pertandingan terdiri dari empat wanita.

Salima Mukansanga dari Rwanda menjadi wasit kepala dan dibantu oleh Fatiha Jermoumi (Maroko) dan dan Carine Atemzabong (Kamerun), serta Bouchra Karboubi (Maroko) di VAR.

Baca Juga : Sadio Mane Bisikkan Ini Saat Memeluk Salah yang Menangis Usai Gagal Juara Piala Afrika

"Kami akan menunjukkan kepada dunia bahwa kami bisa melakukan sesuatu," kata Mukansanga dalam wawancara dengan ESPN, dikutip dari MARCA, Rabu (19/1/2022)

“Kami dapat menunjukkan bahwa kami dapat menjadi wasit permainan pria di level yang sulit dan berhasil. Hukum Permainannya sama, kami sekarang menggunakan VAR, sama seperti Piala Dunia, Olimpiade, dan ini adalah peluang besar. untukku dan untuk wanita lain," sambungnya.

"Saya ingin wanita lain mendukung saya, wasit wanita lain dan wanita di seluruh dunia, karena kita bisa melakukan sesuatu," jelasnya.

Baca Juga : Selamat! Senegal Juara Piala Afrika 2021

Sebelumnya Mukansanga telah membuat sejarah di turnamen tersebut dengan menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan di AFCON ketika dia menjadi ofisial keempat dalam pertandingan antara Guinea dan Malawi pada 10 Januari lalu.

Sponsored by MGID

"Kami sangat bangga dengan Salima karena dia harus bekerja sangat keras untuk berada di posisinya sekarang ini," kata kepala wasit CAF Eddy Maillet .

"Kami tahu bahwa, bagi seorang wanita, dia harus mengatasi rintangan serius untuk mencapai level ini dan dia pantas mendapatkan banyak pujian," lanjutnya.

Baca Juga : Enam Penonton Tewas dalam Insiden Jelang Laga Kamerun Lawan Komoro, 40 Orang Cedera Terinjak-injak

"Momen ini bukan hanya untuk Salima tetapi untuk setiap gadis muda di Afrika yang memiliki hasrat untuk sepak bola dan yang melihat dirinya sebagai wasit di masa depan," pungkasnya.

#Piala Afrika 2021 #wasit perempuan #salima mukansanga