Selasa, 18 Mei 2021 11:02

Unhas Siapkan Swab Antigen Gratis bagi Pemudik Arus Balik, Begini Cara Mendapatkannya

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Prof dr Budu, PhD, SpM (K), MMed Ed
Prof dr Budu, PhD, SpM (K), MMed Ed

BPBD memberikan 10.000 kit swab antigen kepada Fakultas Kedokteran Unhas untuk digunakan sebagai alat screening Covid-19.

RAKYATKU.COM -- Pemudik tidak perlu mengeluarkan biaya untuk rapid test antigen. Fakultas Kedokteran Unhas menyiapkannya secara gratis.

Layanan ini diberikan kepada warga yang baru saja kembali dari kampung. Pemudik yang sudah balik. Fakultas Kedokteran Unhas bekerja sama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Dekan Fakultas Kedokteran Unhas yang juga Ketua Satgas Covid-19 Unhas, Prof dr Budu, PhD, SpM (K), MMed Ed, menjelaskan, saat ini kasus dan kejadian Covid-19 di Sulsel mengalami penurunan yang cukup signifikan dan semakin stabil.

Namun demikian, Prof Budu menambahkan, ini tidak boleh membuat upaya pencegahan penanganan kita lemah. Perlu ada upaya konsisten dan semakin ketat agar kasus Covid-19 di Sulsel segera bisa ditekan dan menghindari lonjakan kejadian.

"Saat pertemuan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, mereka menyampaikan masih ada stok bahan rapid test antigen yang dapat dimanfaatkan," kata Prof Budu.

 

Saat itu, Prof Dr Andi Asadul, anggota Satgas Covid-19 Unhas dan Tim Ahli TGUPP Kesehatan Sulsel, langsung merespons. Mereka menyarankan untuk memanfaatkan stok rapid antigen bagi masyarakat pasca mudik guna mengantisipasi adanya penularan baru.

"Tim Tes Rapid Antigen ini sudah terbentuk dan bahkan sudah mulai bekerja," jelas Prof Budu.

Dalam kerja sama tersebut, BPBD memberikan 10.000 kit swab antigen untuk digunakan sebagai alat screening Covid-19, khususnya para peserta mudik lebaran.

Alat swab ini juga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat lainnya termasuk mahasiswa pendidikan profesi, dosen, atau staf lingkup Unhas yang membutuhkan.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan swab antigen, bisa menghubungi Satgas Covid-19 Unhas atau Fakultas Kedokteran untuk diberikan pengantar ke tim tes rapid antigen. Hal ini dilakukan secara sistematis untuk memudahkan proses pelaporan.

"Untuk pemeriksaan tim kami bisa mobile, bisa juga statis. Jadi misal jika ada instansi ataupun lembaga lain yang membutuhkan untuk pegawai mereka untuk kepentjngan screening, kami siap membantu dan mengunjungi langsung,” kata Prof Budu.

Masyarakat yang membutuhkan dapat menghubungi Rumah Sakit Unhas, Gedung A Lantai 3, atau menghubungi nomor kontak berikut:

- Husni (0853 9493 4919)
- Edwin (0821 9097 9079)
- Kevin (0853 1181 4110)

Tim Tes Rapid Antigen ini tidak menetapkan batas waktu pemeriksaan swab antigen. Pemeriksaan akan dilayani selama persediaan kit swab antigen tersedia.

#Prof dr Budu # PhD # SpM (K) # MMed Ed #Satgas Covid-19 Unhas