Kamis, 22 April 2021 22:40

BAPERA Sulsel Gerak Cepat Bantu Korban Kebakaran di Makassar

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
BAPERA Sulsel Gerak Cepat Bantu Korban Kebakaran di Makassar

Bantuan yang disalurkan JRM bersama pengurus BAPERA Sulsel di lokasi kebakaran berupa ratusan dos makanan takjil buka puasa.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dua pekan terakhir kebakaran melanda pemukiman warga di Kota Makassar. Sebanyak 27 rumah ludes terbakar si jago merah.

Kebakaran tersebut terjadi di dua lokasi berbeda. Khusus di Jalan Badak, Kecamatan Mamajang, 18 April lalu, 10 rumah warga, 1 warkop, 1 rumah makan, dan 1 wisma hangus terbakar.

Sementara di Jalan Bontoduri VII, Kecamatan Tamalate Kamis (22/4/2021) sedikitnya 13 rumah dari 47 kepala keluarga (KK) dilahap si jago merah.

Baca Juga : Yuk Ikut Donor Darah Bapera Sulsel

Peristiwa itu membuat organisasi Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA) Provinsi Sulawesi Selatan dibawah nakhoda Jhon Rende Mangontan prihatin dan langsung bergerak cepat turun ke tempat kejadian perkara (TKP) dengan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak kebakaran.

Adapun bantuan yang disalurkan JRM bersama pengurus BAPERA Sulsel di lokasi kebakaran berupa ratusan dos makanan takjil buka puasa.

"Ini salah satu bentuk keprihatinan kita terhadap masyarakat yang terdampak musibah. Apalagi keberadaan BAPERA memang bergerak di sosial kemasyarakatan," kata JRM yang juga anggota DPRD Sulsel, saat dikonfirmasi di lokasi kebakaran, Kamis (22/4/2021).

Baca Juga : Bagi-bagi Takjil, BAPERA Sulsel Sasar Pemukiman dan Panti Asuhan

Kehadiran JRM di dampingi Sekretarisnya Nasruddin Upel beserta pengurus BAPERA Sulsel di lokasi kebakaran langsung disambut oleh warga setempat.

Meski bantuan yang disalurkan berupa ratusan dos makanan takjil buka puasa namun warga sangat bersyukur apalagi mereka tengah menjalankan ibadah puasa dalam suasana terdampak musibah.

"Bukan persoalan kecil besarnya atau sedikit banyaknya bantuan yang dibagikan. Tapi ini persoalan kemanusian dan kepedulian BAPERA ke masyarakat," urainya.

Baca Juga : Usai Dilantik, Bapera Sulsel Tancap Gas Rampungkan Pengurus Hingga Kecamatan

Sembari membagikan makanan takjil ke warga. JRM juga menyempatkan diri mendengarkan keluhan warga yang menjadi korban kebakaran.

Rerata keluhan dan kebutuhan warga yang terdampak musibah adalah berupa sembako, pakaian bayi, popok, susu dan lainnya.

"Pemerintah harus bergerak cepat memenuhi kebutuhan warga yang terkena musibah kebakaran. Apalagi mereka saat ini sangat membutuhkan tempat tinggal sementara. Paling tidak untuk mengurangi beban mereka disedikan terpal untuk tempat beristirahat," terang politisi Partai Golkar asal Tana Toraja.

Baca Juga : Maraton Audiensi Jelang Pelantikan Pengurus, Bapera Dapat Apresiasi Plt Gubernur Sulsel

Terpisah, Daeng Jarum warga yang terkena musibah mengapresiasi serta berterima kasih atas bantuan makanan takjil buka puasa yang di salurkan BAPERA Sulsel.

"Warga sangat terbantu apalagi kami tengah menjalankan ibadah puasa," kata Dg Jarum singkat.

Berdasarkan pantuan di lokasi kebakaran, hingga saat ini beberapa pemilik rumah, tampak mengais barang dari sisa-sisa kebakaran meski sudah di pasangi garis polisi. (*)

#Bapera Sulsel