Minggu, 03 Januari 2021 18:02

Masih Sempat Berteleponan dengan Zulkifli Hasan, Ketua Fraksi PAN MPR RI Meninggal Diduga akibat Covid-19

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Masih Sempat Berteleponan dengan Zulkifli Hasan, Ketua Fraksi PAN MPR RI Meninggal Diduga akibat Covid-19

kondisi Ali sempat menurun setelah enam hari menjalani perawatan di rumah sakit. Bahkan, saturasi oksigen Ali sempat menyentuh angka 40 persen pada Sabtu sore.

RAKYATKU.COM - Partai Amanat Nasional ( PAN) berduka. Politikus senior, Ali Taher Parasong meninggal dunia, Minggu (3/1/2021).

Ali Taher saat ini menjabat ketua Fraksi PAN MPR RI. Dia juga anggota Komisi VIII DPR RI. Ali salah satu tokoh panutan di PAN.

Semasa hidupnya, Ali Taher pernah menjadi sekretaris jenderal PP Pemuda Muhammadiyah.

Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay menjelaskan, Ali dirawat di rumah sakit sejak 27 Desember 2020 dengan dugaan terpapar Covid-19.

"Saya ditelepon salah seorang putrinya. Minta dicarikan RS. Setelah bertanya ke teman-teman yang ada di kemenkes, kamar yang tersedia adalah di RS Fatmawati. Namun, pada saat itu juga, ada kabar bahwa RS Islam Cempaka Putih juga tersedia kamar kosong. Keluarganya meminta untuk dirawat di RSIJ Cempaka Putih," ucapnya.

Ia mengatakan, kondisi Ali sempat menurun setelah enam hari menjalani perawatan di rumah sakit. Bahkan, saturasi oksigen Ali sempat menyentuh angka 40 persen pada Sabtu sore (2/1/2020). Padahal, orang sehat normalnya memiliki saturasi oksigen minimal 95 persen.

Alat saluran pernapasan ke paru-paru pun dipasang atas nasihat dokter dan dengan persetujuan pihak keluarga. Setelah itu, kadar oksigen almarhum kembali normal dengan menyentuh angka 80-90 persen.

Setelah itu, Ali menunjukkan tanda-tanda membaik. Namun, kondisinya kembali memburuk pada Minggu sekitar pukul 13.00 WIB.

"Bang Zulkifli Hasan, Ketua Umum kami, tadi pagi sempat berteleponan dengan beliau. Namun beberapa saat setelah itu, kondisinya drop lagi. Tidak bisa dihubungi," katanya.

Sekitar pukul 13.00, saturasinya makin turun. Drop hingga angka 33 persen. Ali kemudian tutup usia pada hari ini sekitar pukul 14.00 WIB.

 

#ali taher parasong