Rabu, 23 Desember 2020 23:58

Pertanian dan Pariwisata Belum Maksimal, Pajak Kendaraan Masih Jadi Penopang Utama Ekonomi Sulsel

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pertanian dan Pariwisata Belum Maksimal, Pajak Kendaraan Masih Jadi Penopang Utama Ekonomi Sulsel

Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih bertumpu pada non-pertanian, non-perikanan, non-peternakan, non-pariwisata. Masih dinominasi pajak kendaraan.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR -- Sebagai provinsi yang kaya akan sumber daya alam, Gubernur Sulawesi Selatan percaya bahwa potensi yang dimiliki sangat besar untuk mensejahterakan rakyat Sulsel. Terutama untuk bidang pertanian dan perikanan.

Ia mengatakan, selama ini yang termasuk menjadi permasalahan dan tugas yang harus diselesaikan, karena hanya fokus pada infrastruktur darat dan mengesampingkan kehidupan masyarakat di pulau. Oleh karena itu, Nurdin menyebut di akhir tahun 2020 hingga tahun 2021 fokus pada sektor perikanan dan kehidupan masyarakat pulau.

"Pulau Sulawesi, di dalamnya ada Sulsel yang memiliki 330 pulau. Hampir rata-rata setiap tahun membuat perencanaan lebih memfokuskan pada pembangunan infrastruktur di darat," katanya pada Outlook Sulsel 2021 di Hotel Gammara Makassar, Rabu (23/12/2020).

Baca Juga : Surat Edaran Terbaru Gubernur, Semua Warga yang Masuk Sulsel Wajib Isolasi Mandiri 5 Hari

Imbuhnya, potensi yang ada di pulau belum dilihat sebagai potensi yang besar. Padahal Sulsel sebagai penyangga pangan.

Hal, terkait dari potensi yang belum tergarap maksimal adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang masih bertumpu pada non-pertanian, non-perikanan, non-peternakan, non-pariwisata. Masih dinominasi pajak kendaraan.

 

"Saya berharap hari ini ada sebuah rekomendasi yang konkret tentang bagaiaman mendorong ekonomi kita berdasarkan basis kekuatan kita," sebutnya.

Baca Juga : Pusat Perbelanjaan Mulai Padat, Plt Gubernur Mulai Khawatir

Dalam pandanganya, pemerintan provinsi harus memposisikan diri sebagai wakil pemerintah pusat. Harus mampu mensinergikan program kabupaten/kota, provinsi, dan pusat.

Sponsored by MGID

Ia juga berharap, baik Bank Pembangunan Daerah (BPD), Jamkrida, dan Perseroda didorong, dapat meingkatkan PAD Sulsel.

"Bantuan ke daerah juga lebih besar. Saya juga memintan BPD supaya mengawal daerah. Saya yakin dan percaya kita punya banyak potensi di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi kita," ujarnya.

Baca Juga : Plt Gubernur Bertemu Pangdam, Perbatasan Mamminasata Akan Dijaga untuk Cegah Mudik

Sedangkan untuk di Kota Makassar, salah satu aset daerah yang akan hadir adalah Twin Tower, kantor pemerintahan terintegrasi ini juga diharapakan dapat meningkatkan PAD.

"Saya ingin aset Pemprov Sulsel ini betul-betul bekerja keras untuk meningkatkan pendapatan asli kita. Karena Twin Tower ini yang dimanfaatkan pemerintah daerah itu hanya 30 persen. 70 persennya adalah ruang komersil, kalau ini berjalan dengan baik, ada mal, restoran, dan masih banyak hal-hal yang akan tumbuh," pungkasnya.

Sponsored by advertnative
 
#gubernur sulsel