Selasa, 08 Desember 2020 11:02

Pengusaha India Akan Bangun Museum untuk Kenang Maradona, Ada Patung Emas "The Hand of God"

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Aksi Maradona yang akan dibuatkan patung seukuran aslinya oleh pengusaha India.
Aksi Maradona yang akan dibuatkan patung seukuran aslinya oleh pengusaha India.

Patung seukuran aslinya akan mengabadikan "The Hand of God". Gol penting yang dicetak Maradona melawan Inggris di Piala Dunia FIFA 1986 yang membawa Argentina juara.

RAKYATKU.COM -- Diego Maradona sudah meninggal dunia. Tapi, namanya akan terus terpatri di hati para pengagumnya.

Satu di antaranya Boby Chemmanur. Pengusaha asal Kerala, India. Tak sekadar pengagum, Chemmanur berencana membangun museum khusus untuk menyimpan memori terkait Maradona.

Dia mengumumkan pembangunan museum kelas dunia. Di dalamnya antara lain akan menyimpan patung emas legenda sepak bola Argentina dan dunia itu.

Patung seukuran aslinya akan mengabadikan "The Hand of God". Gol penting yang dicetak Maradona melawan Inggris di Piala Dunia FIFA 1986 yang membawa Argentina juara.

"Museum akan dibangun di Kolkata atau India Selatan. Ini akan menampilkan kehidupan profesional dan pribadi Maradona. Museum ini akan memadukan estetika seni dan teknologi," kata Chemmanur, yang merupakan Managing Director Boby Chemmanur International Group seperti dikutip dari Reuters.

Chemmanur menjalin persahabatan dengan Maradona selama satu dekade terakhir. Dimulai di Dubai pada 2011. Belakangan Maradona meresmikan showroom perhiasan Chemmanur di Dubai, Uni Emirat Arab.

"Saya menghadiahkan kepada Maradona miniatur patung emas dari sosoknya. Menerima itu, bintang sepak bola itu menyatakan keinginannya untuk melihat patung emas seukuran aslinya yang terkait dengan 'The Hand of God'," tambah pengusaha itu.

Boby Chemmanur Group yang berusia 157 tahun, yang berkantor pusat di Thrissur dengan lebih dari 50 outlet di seluruh dunia. Mereka menjadikan Maradona sebagai duta setelah pemain Argentina itu menandatangani kesepakatan pada Maret 2018.

Maradona mengunjungi Kerala pada bulan Oktober 2012 untuk meresmikan showroom Chemmanur Jewellers di Kannur.

“Museum ini merupakan persembahan saya untuk Maradona. Ini akan menjadi gudang informasi terkait pemain hebat dan sepak bolanya. Itu akan berfungsi sebagai pusat hiburan berstandar internasional,” tambah Chemmanur.

Kurator museum adalah seniman-penulis Bony Thomas, pendiri-wali dari Kochi Biennale Foundation yang menyelenggarakan festival seni kontemporer terbesar di India.

#Maradona