Kamis, 24 September 2020 14:07

Diteken di Hari Tani Nasional, Begini Pola Kerja Sama Kementan dengan Bukalapak

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Diteken di Hari Tani Nasional, Begini Pola Kerja Sama Kementan dengan Bukalapak

Mentan berharap, kerja sama ini mampu memutus mata rantai perdagangan yang selama ini merugikan para petani dan para pelaku usaha pertanian lainnya.

RAKYATKU.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) resmi bekerja sama dengan perusahaan e-commerce Bukalapak, Kamis (24/9/2020).

Kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas usaha dan fasilitas pemasaran online untuk pelaku usaha di bidang pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kerja sama ini merupakan bukti kuat bahwa Indonesia memiliki kemajuan dan kemandirian usaha yang terus berkembang pesat secara modern.

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

"Hadirnya Bukalapak yang bekerja sama dengan Badan Ketahanan Pangan dan PPSDM melalui ini menandakan bahwa pertanian kita tidak seperti kemarin. Pertanian kita bersama Bukalapak menandakan pertanian modern yang terus berlangsung hingga saat sekarang ini," ujar Mentan.

Mentan mengatakan, kerja sama ini diharapakan mampu memutus mata rantai perdagangan yang selama ini merugikan para petani dan para pelaku usaha pertanian lainnya.

Baca Juga : Panen Jagung di Lokasi Food Estate Gunung Mas Memuaskan

"Mari kita putus mata rantai itu dengan menghadirkan Kostratani sebagai sumber informasi dan pada akhirnya melalui itulah terjadi transaksi antara pasar dan petani," katanya.

CEO Bukalapak, Rahmat Kaimuddin mendukung upaya Kementan dalam mengembangkan usaha tani melalui sistem e-commerce.

Bukalapak, kata Rahmat, siap membangun pertanian Indonesia melalui pemutusan mata rantai distribusi, sehingga masyarakat bisa mendapatkan harga barang yang baik dan kesejahteraan petani ikut meningkat.

Baca Juga : Pupuk Indonesia Dukung Sulsel Menuju Swasembada Pangan 2024. Mentan: Manfaatkan Lahan Rawa

"Saya berharap rencana kerja sama tersebut bisa membawa manfaat bagi masyarakat banyak, sehingga melalui teknologi dari Bukalapak bisa membantu petani mendapatkan pasar untuk membuka hasil panennya dan meraih hasil yang menguntungkan," tutupnya.

#kementan