Kamis, 24 Oktober 2019 15:45

China Rilis Foto 'Kaca di Bulan' yang Telah Membingungkan Para Ilmuwan

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
China National Space Administration
China National Space Administration

China telah membagikan foto baru yang menunjukkan kaca misterius di permukaan bulan, yang telah membingungkan komunitas ilmiah selama beberapa minggu.

RAKYATKU.COM - China telah membagikan foto baru yang menunjukkan substansi misterius di permukaan bulan, yang telah membingungkan komunitas ilmiah selama beberapa minggu.

Foto itu diambil oleh penjelajah bulan China, Yutu-2, yang mendarat di sisi gelap bulan pada 2 Januari.

Berbulan-bulan kemudian, benda itu menemukan zat aneh selama perjalanan keduanya melalui kawah selebar dua meter.

Sekarang, para ahli telah bertanya-tanya apa sebenarnya itu, dan dari mana zat itu berasal?

Untuk saat ini, itu dianggap sebagai "sejenis kaca gelap" yang terbentuk sebagai akibat dari dampak meteorit. Ledakan itu kemungkinan sangat panas pada permukaan bulan, sehingga menciptakan zat mengkilap.

"Saya pikir informasi yang paling dapat diandalkan di sini adalah bahwa bahannya relatif gelap," kata Dan Moriarty, rekan Program Pascasarjana NASA di Goddard Space Flight Center kepada Space.com.

"Tampaknya memiliki bahan yang lebih terang tertanam di dalam wilayah yang lebih besar, lebih gelap, meskipun ada kemungkinan cahaya bersinar dari permukaan yang halus."

Untuk mendapatkan jawaban yang lebih jelas, Yutu-2 akan melakukan perjalanan lanjutan ke kawah gelap yang menampung kaca aneh itu.