Jumat, 05 April 2024 10:10

Damkar Se-Sulsel Siaga Hadapi Libur Panjang Lebaran Idulfitri

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rakor dalam rangka kesiapsiagaan aparatur damkar kabupaten/kota menghadapi libur panjang Lebaran Idulfitri 1445 H/2024 di Toraja Room, Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (4/42024). (Foto: Pemprov Sulsel)
Rakor dalam rangka kesiapsiagaan aparatur damkar kabupaten/kota menghadapi libur panjang Lebaran Idulfitri 1445 H/2024 di Toraja Room, Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (4/42024). (Foto: Pemprov Sulsel)

Satpol PP Sulsel mengadakan rakor untuk mempersiapkan aparat damkar kabupaten/kota menghadapi libur panjang Lebaran Idulfitri, dengan fokus pada penegakan aturan, ketenteraman umum, dan mitigasi bahaya kebakaran.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dalam rangka kesiapsiagaan aparatur pemadam kebakaran (damkar) kabupaten/kota menghadapi libur panjang Lebaran Idulfitri 1445 H/2024 M.

Rapat dipimpin langsung Kepala Satpol PP Sulsel, Andi Arwin Azis, di Toraja Room, Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (4/42024).

Arwin mengatakan di samping menyelenggarakan penegakan aturan, pelaksanaan ketenteraman, dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, Satpol PP juga menyelenggarakan pembinaan urusan pemadam kebakaran dan penyelamatan.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Buka Musrenbang RPJPD dan RKPD Tahun 2025, Target Pertumbuhan Ekonomi Hingga 6,82 persen

Olehnya, kata dia, dipandang perlu menggelar rakor untuk memastikan kesiapan aparat damkar kabupaten/kota menghadapi libur panjang dalam rangka Idulfitri. "Ini sebagai upaya mitigasi terhadap bahaya kebakaran," ujar Arwin.

Rakor menghadirkan 5 kepala dinas damkar kabupaten/kota dari 7 daerah yang telah membentuk dinas damkar, yakni Kota Parepare, Kota Palopo, Kabupaten ⁠Luwu, Kabupaten Luwu Timur, dan Kabupaten Bone. Hadir juga 17 Kepala Satpol PP kabupaten/kota yang masih belum membentuk dinas damkar secara mandiri.

Satpol PP Sulsel juga mengundang perwakilan BMKG Wilayah IV Makassar untuk memaparkan kondisi iklim/cuaca beberapa bulan ke depan sebagai upaya mitigasi potensi kebakaran yang bisa saja terjadi.

Baca Juga : Silaturahmi Perwakilan Buruh Se Sulsel dengan Penjabat Gubernur

"Kami berharap, aparat damkar senantiasa siap siaga menjamin hadirnya ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat saat momen lebaran," Arwin.

#Satpol PP Sulsel #Pemprov Sulsel