Kamis, 07 Maret 2024 17:07

Unismuh Kukuhkan 834 Wisudawan, 480 Lulus Cum Laude

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wisuda  ke-81 Unismuh Makassar luluskan 834 alumni, Kamis(7/3)
Wisuda ke-81 Unismuh Makassar luluskan 834 alumni, Kamis(7/3)

Alumni terbanyak berasal dari Fakultas Agama Islam (FAI), yakni 326 orang. Wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 64 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 91 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 110 orang

RAKYATKU.COM,MAKASSAR –Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Prof Ambo Asse mengukuhkan 834 wisudawan program D3, S1, S2, S3 dan Pendidikan Profesi.

Wisuda ke-81 Unismuh Makassar tersebut dihelat di Gedung Balai Sidang Muktamar 47, Kampus Unismuh Makassar, Kamis, 3 Maret 2024.

Prof Ambo Asse menyampaikan, lebih dari setengah wisudawan, atau 480 orang, lulus dengan predikat Cum Laude. Alumni terbanyak berasal dari Fakultas Agama Islam (FAI), yakni 326 orang. Wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 64 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 91 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 110 orang.

Baca Juga : Hadiri Pembukaan Rakernas BEM PTMAI, Wali Kota Makassar: Mahasiswa Pemegang Kunci Indonesia Emas

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Ilmu Politik (Fisipol) 94 orang, Fakultas Teknik (FT) 85 orang, Fakultas Pertanian 46 orang, Fakultas Agama Islam 328 orang serta Program Pascasarjana 18 orang.

Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda membacakan SK wisudawan berprestasi Unismuh Makassar.

Adapun delapan wisudawan dan wisudawati berprestasi yakni, pertama, Mia Salmawati, Prodi S2 Pendidikan Dasar Program Pascasarjana, dengan IPK 3.94. Ia berhasil menyelesaikan studinya dalam waktu 2 tahun 3 bulan dan berasal dari Makassar dengan skor prestasi 85,74.

Baca Juga : Kantongi Sertifikat Unggul Unismuh Makassar Bangun Gedung 12 Lantai. Wakil Rektor II: Ada Rooftop tempat Lounge

Kedua, Mutahirah Nur Insirat, dari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3.94. Mutahirah menyelesaikan pendidikannya dalam waktu 3 tahun 5 bulan dan berasal dari Gowa, dengan skor prestasi 90,78.

Ketiga, Indri Apriani Nur, dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dengan IPK 3.96. Indri menuntaskan studinya dalam waktu 3 tahun 5 bulan, berasal dari Selayar, dengan skor prestasi 90,10.

Keempat, Izyam B, dari Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah), Fakultas Agama Islam, dengan IPK 3.97. Izyam berasal dari Bulukumba, menyelesaikan studinya dalam waktu 3 tahun 6 bulan dengan skor prestasi 94,30.

Baca Juga : Agenda Sekum PP Muhammadiyah di Makassar, Hadiri Syawalan dan Canangkan Pembangunan Gedung Serbaguna Kompleks Unismuh Health Center

Kelima, Fira Fajrianah, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, dengan IPK 3.95. Fira menyelesaikan pendidikan dalam waktu 3 tahun 6 bulan dan berasal dari Sinaji, dengan skor prestasi 86,30.

Keenam, Ryan Okta Wijaya A Yani, dari Program Studi Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), dengan IPK 4.0. Ryan, berasal dari Takalar. Ia menyelesaikan studinya dalam waktu 3 tahun 5 bulan dengan skor prestasi 90,07.

Ketujuh, Rezki Awalia S, Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, dengan IPK 3.74. Rezki berhasil menuntaskan studinya dalam waktu 3 tahun 5 bulan dan berasal dari Bantaeng, dengan skor prestasi 92,28.

Baca Juga : Gelar Lebaran Hari Rabu, Unismuh Tetap Fasilitasi Pemantauan Hilal Kemenag Selasa Besok

Kedelapan, Nurul Azizah, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan IPK 3.78. Nurul menyelesaikan pendidikannya dalam waktu 4 tahun 2 bulan, berasal dari Pangkep, dengan skor prestasi 92,68.

Dari kedelapan mahasiswa terbaik tingkat fakultas tersebut, Izyam B, dari Program Studi Hukum Keluarga FAI, ditetapkan sebagai wisudawan terbaik tingkat universitas.

Izyam akan diberikan beasiswa studi lanjut, serta diprioritaskan untuk diangkat sebagai dosen tetap di Unismuh Makassar apabila telah menyelesaikan Pendidikan S2.

Baca Juga : Buka Puasa Bersama, Unismuh Makassar Berbagi dengan Panti Asuhan

Dalam SK yang dibacakan Wakil Rektor I Unismuh Makassar, ada beberapa kriteria penilaian mahasiswa berprestasi tersebut. Ada penilaian IPK, jenjang kaderisasi, pemahaman Al-Islam Kemuhammadiyahan serta pengabdian, pemahaman Quran, pengalaman organisasi, prestasi mahasiswa dan karya ilmiah, serta lama studi.

Kegiatan wisuda 81 kali ini juga dirangkaikan dengan Orasi Ilmiah dari Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi Syamsi Heri SE MM. Pada momentum wisuda ini, Unismuh menggelar Deklarasi Kampus Sehat Islami Bersih Narkoba, sekaligus menandatangani Memorandum of Understanding dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulsel.

#Unismuh Makassar #wisuda