Selasa, 20 Februari 2024 19:25

Perkuat Armada Pengangkut Tambang, Kalla Lines Tambah Tugboat dan Tongkang

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Armada baru Kalla Lines, TB. Bumi 2204 yang telah diterima di Batam, Januari 2024 lalu.
Armada baru Kalla Lines, TB. Bumi 2204 yang telah diterima di Batam, Januari 2024 lalu.

Kalla Lines saat ini telah memiliki 3 unit tugboat dan 3 unit tongkang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kalla Lines memiliki komitmen untuk terus memperkuat layanan angkutan mining (pertambangan) pada tahun 2024.

Dalam mendukung rencana tersebut, tambahan armada tugboat maupun tongkang telah direalisasikan di awal tahun ini.

Spesifikasi tugboat yang didatangkan berkekuatan 2x1100 HP dan tongkang berukuran 330 feet. Tugboat terbaru milik Kalla Lines tersebut diberi nama TB. Bumi 2204, sedangkan tongkang diberi nama TK. Lintas Tama yang telah diterima langsung dari PT. Nongsa Jaya Buana selaku shipyard di Batam pada Januari 2024.

Baca Juga : Sepanjang 2023, Kalla Lines Konsisten Pimpin Market Share Pengiriman Kendaraan Rute Jakarta-Makassar

"Penambahan armada ini tentunya akan semakin memperkuat layanan kami terhadap kebutuhan angkutan tambang, khususnya nikel dan batubara. Kapal ini akan dioperasikan khusus bersama mitra kami, PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) dengan rute Lameuru (Konawe Selatan)-Morowali," jelas Muhammad Naim, Chief Operation Officer (COO) Kalla Lines.

Dengan adanya tambahan armada tersebut, maka Kalla Lines saat ini telah memiliki 3 unit tugboat dan 3 unit tongkang. Layanan angkutan mining Kalla Lines sendiri telah mulai dioperasikan sejak 2022. Seiring dengan meningkatnya permintaan layanan, peningkatan jumlah maupun kualitas armada akan terus dilakukan.

"Saat ini on progress pembuatan 1,5 set kapal di Batam, yakni 1 tugboat dan 2 tongkang. Kami melihat market kebutuhan layanan mining semakin meningkat. Untuk itu, Kalla Lines selalu siap menjadi mitra terbaik," ungkap Naim.

Baca Juga : Diusia ke-33, Kalla Lines Perkuat Layanan Angkutan Mining

Sementara itu, Shipment Operation Manager Kalla Lines, Capt. Herman, mengungkapkan, armada tugboat maupun tongkang ini dioperasikan oleh tenaga profesional yang tentunya telah tersertifikasi. Aktivitas bongkar muat pun dilaksanakan sesuai standar operasional prosedur yang berlaku.

"Kami pun senantiasa mengecek kelayakan armada sebelum beroperasi untuk memastikan kelancaran pendistribusian. Kapal yang kami miliki pun telah teruji kelayakannya sehingga aman dalam mengangkut nikel ataupun batubara ke lokasi tujuan," tuturnya.

Kalla Lines merupakan bagian dari Kalla Transport & Logistics. Berbagai layanannya dapat Anda akses melalui website kallatranslog.co.id atau Instagram @kallatranslog. Dapat pula menghubungi Kalla Care di nomor 0411 300 0103 atau Whatsapp di nomor 0811 4414 030.

#Tugboat #Kalla Lines