Rabu, 04 Oktober 2023 08:15

Pemprov Sulsel Raih Dua Penghargaan Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemprov Sulsel meraih dua penghargaan dalam Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD). (Foto: Pemprov Sulsel)
Pemprov Sulsel meraih dua penghargaan dalam Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD). (Foto: Pemprov Sulsel)

Pemprov Sulsel meraih dua penghargaan bergengsi dalam Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD), yakni Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Terbaik I Wilayah Sulawesi serta penghargaan sebagai Pemerintah Daerah dengan Program Unggulan P2DD Terbaik melalui aplikasi pembayaran pajak digital Bapenda Sulsel in Your Hand.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD), Airlangga Hartarto, memberikan dua penghargaan sekaligus kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel).

Penghargaan pertama, yakni Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Terbaik I Wilayah Sulawesi, sedangkan penghargaan kedua, yakni sebagai Pemerintah Daerah dengan Program Unggulan P2DD Terbaik melalui aplikasi pembayaran pajak digital Badan Pendapatan Daerah (Bapenda Sulsel) in Your Hand.

Secara bergiliran penghargaan diserahkan Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin; Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto; Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati; serta Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Dampingi Menteri AHY Serahkan 50 Sertifikat Hasil PTSL di Gowa

Penghargaan diterima langsung Kepala Bapenda Sulsel, Reza Faisal Saleh, di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Menko Bidang Perekonomian dan Ketua Satgas TP2DD, Airlangga Hartanto, menegaskan pentingnya menyinergikan berbagai inovasi, inisiatif baru, serta penguatan kebijakan di berbagai kementerian dan lembaga dalam kurun waktu 2022-2023 untuk mendukung kebijakan percepatan dan perluasan digitalisasi daerah.

Adapun sejumlah program sinergi kebijakan digitalisasi daerah, yakni QRIS, KKI, Kartu Kredit Pemerintah, penguatan SPBE, penguatan sarana prasarana melalui Satelit Nusantara Sakti, penguatan digitalisasi belanja pemerintah daerah dan penguatan regulasi local taxing power. Dengan ini, dia berharap digitalisasi pemda dapat terus meningkat ke depannya.

Baca Juga : Musda PHRI Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Peluang Perhotelan Lebih Maju

Saat ini, kata Airlangga, level digitalisasi pemda telah meningkat 6,1 persen dari 67,5 persen pada triwulan II 2022 menjadi 73,6 persen pada triwulan III 2022.

"Dengan sebaran capaian Sumatra 133 pemda 81,1 persen, Jawa sebesar 118 pemda atau 99,2 persen, Kalimantan 32 pemda atau 52 persen, Bali dan Nusa Tenggara 26 pemda atau 51,9 persen, serta Sulawesi dan Maluku 90 pemda atau 58,4 persen. Pemerintah optimistis 75 persen target bisa dicapai,” kata Airlangga.

Bapenda Sulsel kini memiliki aplikasi pembayaran pajak mobile, Bapenda Sulsel Mobile, yang memudahkan wajib pajak membayar pajak dari smartphone. Aplikasi Bapenda Mobile sudah tersedia di Play Store dan App Store.

Baca Juga : Atasi Pemanasan Global, Pj Gubernur Sulsel Ajak BEM Unismuh se-Indonesia Tanam Pohon Serentak

Wajib pajak yang membayar PKB melalui Bapenda Sulsel Mobile tak mesti ke kantor samsat untuk mendapatkan notice karena petugas dari Bapenda Sulsel akan mengirim notice/SKPD yang dilengkapi QR Qode ke wajib pajak melalui email yang telah didaftarkan.

Terkait aduan, aplikasi ini menampung banyak aduan dan langsung dapat dibaca pihak terkait di Bapenda Sulsel melalui aplikasi Padaidi.

Bapenda Sulsel sudah lama terjun ke dunia digital dengan menggunakan aplikasi e-samsat yang dibuat untuk memudahkan wajib pajak secara digital.

Baca Juga : Pengusaha Malaysia Investasi Rp1 Triliun di Sulsel

Namun, baru pada tahun ini semua aplikasi tersebut disatukan dan diberi nama Bapenda Sulsel Mobile.
Hingga saat ini sudah ribuan orang yang men-download aplikasi ini dengan fitur yang paling banyak digunakan yakni pengecekan tagihan pajak kendaraan.

Dalam aplikasi ini wajib pajak bisa mengetahui jumlah tagihan pajak, layanan samsat terdekat, jumlah tagihan pajak kendaraan, dan masih banyak lagi.

Selain aplikasi Bapenda Mobile, Samsat Sulsel juga menyediakan pembayaran melalui Indomaret, Tokopedia, dan GoPay Wajib pajak juga bisa melakukan pembayaran nontunai menggunakan mesin gesek atau QRIS yang ada di tiap kasir.

Baca Juga : Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

Daftar Penerima Penghargaan P2DD

1. TP2DD Provinsi Terbaik 2023
– Sulawesi Selatan
– Riau, Sumatra
– DKI Jakarta, Jawa Bali
– Kalimantan Barat
– Papua Barat

2. TP2DD Kota Terbaik 2023
– Tebing Tinggi
– Bogor
– Tarakan
– Makassar
– Jayapura

Baca Juga : Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

3. TP2DD Kabupaten Terbaik 2023
– Kampar
– Ciamis
– Kutai Kertanegara
– Bone Bolango
– Manokwari

4. Program Unggulan P2DD Terbaik 2023
– Sulsel ‘Bapenda Sulsel In Your Hand’
– Makassar ‘Sombere & Smart City’
– Kutai Kertanegara ‘Si Pajol Betijak’

5. BPD Terbaik 2023
Bank DKI

#Pemprov Sulsel #bapenda sulsel