Jumat, 29 September 2023 09:06

Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

"Saya akan laporkan, bahwa Enrekang siap mensukseskan Gerakan Gemar Menanam Pisang ini,"

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar mengapresiasi menu pangan lokal berbahan dasar pisang, hasil kreasi TP PKK Enrekang dari berbagai kecamatan. Mulai dari nasi goreng pisang, sate pisang, sup pisang, salad pisang, hingga berbagai desert berbahan dasar pisang.

Sofha juga mencicipi satu per satu menu pangan lokal yang dipamerkan dalam Silaturahmi dan Monitoring Program Pj Ketua TP PKK Sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Sulsel di Kabupaten Enrekang, yang dipusatkan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Enrekang, Kamis, 28 September 2023.

"Luar biasa sekali hasil kreasi ibu-ibu di sini. Semuanya enak," puji Sofha.

Baca Juga : Perkuat Gerakan Nasional Percepatan Penanganan Stunting, Berikut Langkah Pj Gubernur Sulsel

Iapun menjelaskan, saat ini Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin sedang mencanangkan Gerakan Gemar Menanam Pisang untuk ketahanan pangan. Serta gerakan menanam 10 pohon cabai di pekarangan untuk mencegah inflasi.

"Cabai menjadi salah satu penyumbang angka inflasi di Sulawesi Selatan. Karena itu saya mengajak seluruh kader PKK untuk menanam 10 pohon cabai di pekarangan masing-masing. Apalagi, Enrekang ini terkenal dengan sayur-sayurannya," ujarnya.

"Berbagai menu berbahan dasar pisang yang disajikan juga sejalan dengan program Bapak Pj Gubernur. Saya akan laporkan, bahwa Enrekang siap mensukseskan Gerakan Gemar Menanam Pisang ini," sambungnya.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Perkuat Gerakan Nasional Percepatan Penanganan Stunting

Sofha juga menitipkan pesan agar pengurus PKK Enrekang ikut serta dalam pencegahan stunting dan kemiskinan ekstrem, serta pencegahan perkawinan anak.

Sementara, Bupati Enrekang, Muslimin Bando, menyampaikan, Kabupaten Enrekang terkenal sebagai penghasil sayur mayur. Selain itu, menjadi kabupaten penghasil bawang merah terbesar kelima nasional di Indonesia.

Salah satu komoditi hortikultura yang juga terkenal dari Kabupaten Enrekang adalah pisang, khususnya jenis pisang tanduk. Karena itu, TP PKK Enrekang sengaja menyajikan berbagai menu kreasi berbahan dasar pisang.

Baca Juga : Apel Virtual Pertama Pemprov Sulsel, Prof Zudan Tekankan Pelayanan Publik Harus Berjalan Baik

Muslimin Bando juga menegaskan, siap mensukseskan program prioritas Pj Gubernur Sulsel, Gerakan Gemar Menanam Pisang.

Dalam acara silaturahmi ini, Ketua TP PKK Enrekang, Johra Muslim Bando, tidak bisa hadir karena sakit. Sofha pun mengajak seluruh pengurus PKK Sulsel dan Enrekang yang hadir untuk mendoakan kesembuhan Johra.

#pemkab enrekang #Pj Gubernur #Pemprov Sulsel