Sabtu, 23 September 2023 20:34

Hadapi Pemilu 2024, Bawaslu Wajo Tingkatkan Kapasitas SDM

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hadapi Pemilu 2024, Bawaslu Wajo Tingkatkan Kapasitas SDM

Andi Hasnadi menyampaikan dalam menghadapi proses Pemilu 2024 Bawaslu Kabupaten Wajo harus terus meningkatkan kualitas lembaga khususnya penguatan kapasitas SDM melalui kegiatan pelatihan terhadap Panwascam.

RAKYATKU.COM, WAJO -- Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Wajo, Faurizah, menegaskan agar dapat menguasai dan menerapkan asas kepastian hukum dalam penyelesaian sengketa proses Pemilu

Hal ini disampaikan dalam Pelaksanaan Kegiatan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu dengan tema “Penguatan dan Penalaran Hukum Terkait Penyelenggaraan Sengketa Proses Pemilu Pada Pengawasan Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Wajo di Hotel Sermani pada Sabtu (23/9/2023).

“Sebelum terjadinya sengketa Pemilu, kita harus memahami prosedur dan cara pelaksanaannya terlebih dahulu, maka dari itu peserta kegiatan harus fokus dan aktif dalam menerima materi yang akan disampaikan narasumber,” ujarnya.

Baca Juga : PPK Tempe Rampungkan Rekapitulasi Suara Hasil Pemilihan Calon Anggota Legislatif DPRD Wajo

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Wajo, Andi Hasnadi, serta dihadiri oleh Adnan Jamal selaku Koordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan dan juga sebagai narasumber, Anggota Bawaslu Kabupaten Wajo, Kepala Sekretariat Bawaslu Wajo, serta Panwascam se-Kabupaten Wajo yang turut ikut sebagai peserta kegiatan.

Dalam sambutannya, Andi Hasnadi menyampaikan dalam menghadapi proses Pemilu 2024 Bawaslu Kabupaten Wajo harus terus meningkatkan kualitas lembaga khususnya penguatan kapasitas SDM melalui kegiatan pelatihan terhadap Panwascam.

Pada kesempatan yang sama, Koordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan agar semuanya siap mental, fisik, ilmu dan penalaran dalam melaksanakan semua tahapan Pemilu sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan.

Baca Juga : Bupati Barru Pantau Pemungutan Suara Ulang di TPS 1 Lawampang

“Hadirkan penalaran hukum di setiap target pengawasan kita,” tegas Adnan Jamal saat menjadi narasumber.

Adnan Jamal mengharapakan kegiatan ini bisa menjadi peningkatan kapasitas dan berdampak positif bagi para peserta.

“Dampak kegiatan ini apakah bisa berdampak positif, tentunya menjadi harapan kita bersama,” imbunya.

Baca Juga : Pemkot Parepare Pantau PSU di TPS

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi diskusi, dimana para peserta secara antusias menyampaikan pertanyaan dan mendapat ilmu serta pencerahan dari para narasumber.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#Bawaslu Wajo #Pemilu 2024