Selasa, 29 Agustus 2023 21:07

TPM Verifikasi Lapangan Lapas Parepare Untuk Wujudkan WBK

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
TPM Verifikasi Lapangan Lapas Parepare Untuk Wujudkan WBK

Liberti Sitinjak sangat fokus mendukung seluruh satkernya mewujudkan pembangunan ZI untuk menciptakan good and clean governance

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Tim Penilai Mandiri (TPM) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Lakukan Verifikasi lapangan terhadap kondisi Lapas Kelas IIA Parepare yang menjadi objek penilaian dalam kontestasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK).

Verifikasi lapangan dilaksanakan Pada hari Selasa (29/8) di Lapas Parepare, TPM terdiri dari Ami Amatunissa, Hari Dicson Simbolon dan Wahyu Iriani.

Dalam Verifikasi ini Tim di Dampingi oleh Kalapas, Totok Budiyanto melakukan pengecekan langsung terhadap layanan dan Fasilitas sarana dan prasarana yang ada di Lapas Parepare.

Baca Juga : Gelar Upacara Peringati HBP ke-60, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Katakan ini

Kalapas menjelaskan satu persatu layanan yang ada di Lapas Parepare, mulai Dari layanan Warga binaan, layanan pengunjung, layanan penitipan barang Dan layanan terpadu satu pintu.

Ami Amatunissa bersama Tim dalam Verifikasi/observasi lapangan ini melakukan interview terhadap penerima layanan atas inovasi yang ada di Lapas Parepare.

Juga melakukan interview terhadap pegawai Atas proses bisnis Kinerja utama ataupun layanan utama, Atas inovasi yang menambah peningkatan kinerja, Atas pemenuham hak pelatihan, reward dan punishment Dan PTSP.

Baca Juga : Lantik PPNS, MPDN dan Notaris Pengganti, Liberti Sitinjak Berpesan Jaga Netralitas

Terakhir melakukan pengecekan sarana Dan prasarana yang ada di Lapas Parepare.

Menurut Ami selaku ketua tim, menyampaikan bahwa setelah dilakukan cek dokumen, wawancara Dan Verifikasi/observasi lapangan maka hasil akhirnya layak ataupun tidak mendapatkan predikat WBK.

"Akumulasi Dari ketiga nilai di atas yang akan menentukan Lolos tidaknya meraih predikat WBK, namun Perlu di ketahui bahwa hasilnya Masih akan di supervisi oleh TPN," ujar Ami

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Terima Kunjungan Ketua Pengadilan Tinggi Makassar

Selanjutnya Tim juga mewawancarai Salah satu mitra posbankum Lapas Parepare yang memberikan layanan bantuan Hukum gratis bagi Warga binaan Pemasyarakatan.

"Sejauh ini telah banyak WBP menerima bantuan Hukum gratis, bantuan yang diberikan sampai Dengan proses PK di pengadilan," ujar salah satu paralegal yang memberikan layanan bantuan hukum.

Sementara itu, Kalapas Parepare Totok Budiyanto yakin pihaknya akan meraih predikat WBK.

Baca Juga : Selama Sepekan Kanwil Kemenkumham Sulsel Telah Mengharmonisasi 14 Rancangan Produk Hukum Daerah

"Insya Allah berkat Kerjasama dan Komitmen semua pegawai, Kami yakin akan bisa memperoleh predikat WBK," harapnya.

Adapun berbagai Hal yang menjadi masukan dari TPM kebanyakan terkait dengan Informasi layanan yang Perlu di tambah dan Informasi penunjuk arah kedalam PTSP. selebihnya tim TPM mengapresiasi kondisi Lapas Parepare yang kelihatan sangat baik, rapi dan bersih

Sebelumnya, Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak telah berpesan kepada Tim ZI Kanwil Sulsel yang mendampingi TPM untuk dapat melaporkan Hal - Hal yang masih Perlu di perbaiki di UPT dalam pembangunan Zona Integritas setelah dilakukan Verifikasi lapangan oleh TPM.

Baca Juga : Pimpin Upacara HBI ke-74, Pj Gubernur Sulsel Harap Pengembangan SDM Dalam Rangka Menghadapi Perkembangan Global

Liberti Sitinjak sangat fokus mendukung seluruh satkernya mewujudkan pembangunan ZI untuk menciptakan good and clean governance.(**)

#Kemenkumham Sulsel