Senin, 10 Juli 2023 09:07

Kemenparekraf Apresiasi Desa Rinding Allo Masuk ADWI 2023, Sebut seperti Austria dan Swiss

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dewan Juri ADWI 2023 yang ditunjuk Kemenparekraf melakukan visitasi ke desa wisata Rinding Allo, 6 - 8 Juli 2023.
Dewan Juri ADWI 2023 yang ditunjuk Kemenparekraf melakukan visitasi ke desa wisata Rinding Allo, 6 - 8 Juli 2023.

Desa Rinding Allo, Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara, mendapatkan apresiasi dari Kemenparekraf karena berhasil masuk ke dalam 75 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Desa ini disebut memiliki keindahan alam dan budaya yang luar biasa seperti Austria dan Swiss yang diharapkan dapat mengembangkan potensi wisata maupun produk ekonomi kreatif lokalnya.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Desa Rinding Allo, Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara menjadi salah satu desa wisata dari 4.575 desa yang terpilih masuk ke dalam 75 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

ADWI merupakan program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai apresiasi kepada masyarakat penggerak sektor pariwisata dalam upaya percepatan pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa.

Sebagai salah satu tahapan, Dewan Juri ADWI 2023 yang ditunjuk Kemenparekraf melakukan visitasi ke desa wisata Rinding Allo, 6 - 8 Juli 2023. Dewan Juri terdiri atas Fathul Yadi dan Mangku Nyoman Kandia, mengunjungi lokasi-lokasi yang menjadi kategori penilaian.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

Visitasi ini juga menjadi ajang promosi bagi 75 besar desa wisata ADWI untuk meningkatkan jumlah kunjungan sekaligus meningkatkan omzet penjualan produk ekonomi kreatif lokal.

Pada hari terakhir, Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf, Indra Ni Tua, berkenan hadir ikut melakukan visitasi. Rombongan dari Kemenparekraf tersebut disambut Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu Utara, Armiady, para pimpinan perangkat daerah, serta masyarakat Rinding Allo.

Indra menyampaikan apresiasi atas sambutan yang diterima serta keberhasilan desa wisata Rinding Allo masuk 75 besar ADWI 2023.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

"Selamat kepada Desa Rinding Allo, memang keindahan alam dan budayanya luar biasa, harganya mahal, ini sesuatu yang punya kekhasannya sendiri. Ini seperti di Austria dan Swiss, tinggal dibuatkan area olahraga tracking, camper van, dan sebagainya. Mulai ajak komunitas-komunitas karena ini sungguh luar biasa, orang-orang cari yang seperti di Rinding Allo ini tidak gampang dan semua dapat terwujud atas kerjasama dari para pihak-pihak terkait," beber Indra.

"Rinding Allo ini budaya dan pemandangannya luar biasa tinggal bagaimana mengemasnya untuk disebarluaskan. Banyak yang positif di sini, sehingga calon wisatawan bisa diajak tinggal di sini berdampingan dengan masyarakat, seperti di Wae Rebo," ungkapnya.

Indra melanjutkan, produk-produk khas yang ada di Rinding Allo ini sudah sangat bagus, seperti tenun Rongkong, tinggal bagaimana menjaga semangat masyarakat agar terus mengembangkannya.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

"Nah, ini yang terpenting. Apalagi saya lihat di sini banyak anak mudanya, ini yang perlu diperhatikan lagi agar tetap bisa menjaga budaya yang telah ada di sini," ucapnya.

Indra mengungkapkan, wisata dan budaya-budaya yang ada di Indonesia itu sebenarnya standar dunia, makanya ingin dijadikan kelas dunia. Sesuai dengan tema ADWI 2023 Pariwisata Berkelas Dunia Untuk Indonesia Bangkit.

"Jangan karena labelnya 'desa' jadinya minder, padahal kan tidak, punya pemandangan yang indah seperti di Desa begini masa minder," tuturnya.

Baca Juga : Disdikbud Luwu Utara Santuni Ratusan Yatim Piatu

Indra juga sempat berkelakar berbalas pantun dengan Ketua Pokdarwis Rinding Allo yang berharap Desa Wisata Rinding Allo mendapatkan juara pada ADWI 2023.

"Pohon duren pohon sawit, kelapa muda enaknya pake gula jawa, mohon izin kami semua, sampai jumpa di malam final ADWI," ucapnya disambut tepuk tangan hadirin dan masyarakat.

Sementara itu, Sekda Luwu Utara, Armiadi mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kemenparekraf yang diwakili Direktur Tata Kelola Destinasi.

Baca Juga : Indah Minta HUT ke-25 Tahun Luwu Utara Mulai Massif Digaungkan

"Desa Rinding Allo ini memang sudah cukup lama kita tetapkan sebagai desa wisata. Alhamdulillah hari ini sudah kita saksikan bersama bahwa banyak potensi wisata yang bisa kita kembangkan. Dan terima kasih atas arahan Pak Direktur dan para Dewan juri agar ke depan Desa Wisata Rinding Allo bisa lebih baik lagi," ungkap Armiadi.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan prasasti 75 besar ADWI 2023 kepada Desa Wisata Rinding Allo yang ditandatangani langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

#Kemenparekraf #ADWI 2023 #pemkab luwu utara