Rabu, 07 Juni 2023 01:02

Pemkot Makassar Siapkan Lahan Kantor SPKKL Bakamla RI Wilayah Tengah

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemkot Makassar Siapkan Lahan Kantor SPKKL Bakamla RI Wilayah Tengah

"Setelah disurvei tempat itu paling bagus sebagai tower control dan setelah kita lihat dengan program kita di sana (Sirkuit dan Macca) maka masih ada 4 ribu yang bisa kita sampaikan ke Bakamla RI,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Zona Maritim Tengah tidak lama lagi mempunyai Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) di Kota Makassar.

Kepala Kantor Bakamla RI Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Octavianus Budi Santoso mengatakan stasiun pemantauan di Makassar akan didirikan di Kawasan Untia, Kecamatan Biringkanaya.

"Di Makassar lokasi sudah diberikan pak Wali Kota itu di Untia. Langsung disupport dan kami sungguh terima kasih," kata Laksma Bakamla Octavianus Budi Santoso, usai menemui Wali Kota Makassar Danny Pomanto, di Amirullah, Selasa (6/06/2023).

Baca Juga : Kota Makassar Wakili Sulsel pada Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional ke-XV 2024 di Solo

Rencananya ada 13 titik di wilayah kerja Bakamla RI Zona Maritim Tengah yang akan dibangun stasiun. Salah satunya di Kota Makassar.

"Makassar memang belum ada, kami baru punya lima stasiun dan rencananya akan ada 13 stasiun karena wilayah tugas kita luas sampai di Kalimantan," tuturnya.

Bakamla Zona Maritim Tengah memiliki wilayah tugas yang cukup luas, meliputi 12 Provinsi yang berada di wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Danny Pomanto Hadiri Musrenbang Nasional 2024 di JCC Jakarta

Yang mana di bagian utara berbatasan langsung dengan perairan Malaysia dan Filipina Selatan, dan bagian selatan berbatasan dengan Samudera Hindia.

Sehingga keberadaan SPKKL di beberapa wilayah termasuk Kota Makassar sebagai tempat untuk monitoring keamanan dan keselamatan laut menjadi sangat penting.

"Stasiun di Makassar sebagai monitoring atau traffict control nanti di sini (wilayah lautnya). Khususnya di wilayah laut dan ALKI karena ini yang paling rawan," tutur Budi Santoso.

Baca Juga : Danny Pomanto Berhasil Antar Makassar Masuk Daftar Smart City Indeks 2024

Selain itu, kunjungannya ke kediaman Wali Kota Danny Pomanto sekaligus memperkenalkan diri sebagai Kepala Kantor Bakamla Zona Maritim Tengah yang baru menggantikan Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas.

Sementara itu, Wali Kota Danny Pomanto menyambut baik rencana pembangunan stasiun Bakamla Zona Maritim Tengah di Kota Makassar. Luasnya sekitar 4 ribu meter persegi.

"Kalau itu bisa terbangun tentu Makassar memiliki positioning yang bagus lagi," ucap Danny Pomanto.

Baca Juga : Wali Kota Apresiasi Konten 18 Revolusi Pendidikan di Makassar

"Setelah disurvei tempat itu paling bagus sebagai tower control dan setelah kita lihat dengan program kita di sana (Sirkuit dan Macca) maka masih ada 4 ribu yang bisa kita sampaikan ke Bakamla RI," tutupnya.

#danny pomanto #Walikota Makassar