Senin, 05 Juni 2023 13:51

Panglima TNI Buka Resmi Kegiatan 4th Multilateral Naval Exercise Komodo di Makassar

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Panglima TNI Buka Resmi Kegiatan 4th Multilateral Naval Exercise Komodo di Makassar

Para peserta yang terlibat, akan mengikuti berbagai kegiatan diantaranya Ice Breaking, International Fleet Review (IFR), International Maritime Security Symposium (IMSS), City Tour, City Parade, Fun Bike, Admiral Lunch, Bilateral Meeting

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Latihan bertaraf internasional 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 secara resmi dibuka di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar pada Senin, 5 Juni 2023.

Dalam kesempatan itu, hadir Gubernur Sulawesi Selatan, Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono membuka kegiatan, Andi Sudirman Sulaiman, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dan Walikota Makassar.

Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) merupakan latihan non-perang dengan mengendapkan kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan guna mempererat kerja sama antara TNI AL dengan negara-negara sahabat.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

Latihan bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut ini, dengan tema “Partnership To Recover and To Rise Stronger". Yang dimulai tanggal 5-8 Juni 2023. Pelaksanaan kegiatan ini menghadiri Angkatan Laut dari 36 negara ikut berpartisipasi.

Para peserta yang terlibat akan mengikuti berbagai kegiatan diantaranya Ice Breaking, International Fleet Review (IFR), International Maritime Security Symposium (IMSS), City Tour, City Parade, Fun Bike, Admiral Lunch, Bilateral Meeting. Welcome Dinner, Maritime Exhibition, dan Gala Dinner.

Panglima TNI, tekanan, bahwa kerjasama sangat penting. "Untuk semua peserta, agar memanfaatkan kegiatan ini untuk membangun komunikasi yang baik dan kerjasama," tulisnya.

Baca Juga : 10.000 Orang Hadiri Buka Puasa Akbar Pemprov Sulsel di Bone

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali menuturkan, bahwa latihan ini untuk meningkatkan kapasitas dan kerjasama internasional dan memperkuat hubungan dengan negara-negara sahabat.

“Latihan ini diharapkan menjadi forum bertukar pengetahuan dan pengalaman antar peserta,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik, pelaksanaan MNEK 2023 ini.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Dukung Gerakan Sedekah Pohon

"Kita tentu mengapresiasi dan dengan senang hati, Makassar di Provinsi Sulsel menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yang ke-4 ini," katanya.

Usai Opening Ceremony MNEK 2023, menampilkan sejumlah atraksi dan demonstrasi TNI mulai dari pesawat tempur, helikopter, dan air terjun payung, serta lainnya.

#Panglima TNI #Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman