Jumat, 26 Mei 2023 14:08

Kapal Nelayan Pencari Ikan Dilaporkan Mati Mesin di Perairan Bulukumba

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kapal Nelayan Pencari Ikan Dilaporkan Mati Mesin di Perairan Bulukumba

"Kejadiannya Rabu (24/5/2023) malam, tapi baru dilaporkan ke Basarnas Kamis (24/5/2023) dan langsung ditindaklanjuti dengan mengerahkan RIB Basarnas di Bantaeng,"

RAKYATKU.COM - Kapal Motor Nelayan (KMN) Ilham Kajang dengan 10 POB (Personal On Board) dilaporkan mengalami mati mesin saat berlayar mencari ikan di perairan Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Hal itu dilaporkan oleh Nafri, ketua kelompok nelayan di Bulukumba pada Kamis (25/5/2023).

Atas laporan tersebut, Basarnas Sulsel mengerahkan personel Pos Unit Siaga Sar Bantaeng melakukan pencarian menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) Basarnas yang ada di Bantaeng.

Baca Juga : Kepala Basarnas Makassar Terima Kunjungan Bakamla

"Kejadiannya Rabu (24/5/2023) malam, tapi baru dilaporkan ke Basarnas Kamis (24/5/2023) dan langsung ditindaklanjuti dengan mengerahkan RIB Basarnas di Bantaeng," kata Bustanil, Pelaksana Harian Kepala Kantor Basarnas Sulsel.

Bustanil menjelaskan bahwa proses pencarian Tim di hari pertama sempat terkendala gelombang yang cukup tinggi sehingga menyulitkan pencarian.

"Hari ini, pencarian hari kedua dilanjutkan dengan menambah armada dari kapal nelayan sekitar," tambah Bustanil.

Baca Juga : Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyanto Buka Diklat Medical First Responder di Makassar

Tim Sar Gabungan akan melakukan pencarian dengan 2 Tim yang menggunakan RIB Basarnas dan kapal nelayan. RIB Basarnas akan fokus mencari dari pulau Sabalana ke arah barat-barat daya, sementara kapal nelayan akan fokus mencari ke arah utara.

"Kita mencari dengan memperlebar area pencarian, juga akan meminta bantuan pemantauan dari nelayan yang sedang berada di sekitar lokasi," beber Bustanil.

Adapun 10 POB KMN Ilham Kajang diketahui bernama Aso, Tahir, Arjun, Dondong, Henra, Exon, Fian, Reza, Agus, dan Wahyu. Kapal tersebut mengalami kerusakan gearbox saat berlayar dan mengakibatkan mesin kapal mati.

Baca Juga : HUT Ke-51 Basarnas, Pangdam Harap Kekompakan dan Koordinasi Terus Terjalin

"Semoga hari ini pencarian bisa membuahkan hasil dan KMN Ilham Kajang bisa segera ditemukan beserta 10 POB dalam keadaan selamat," kata Bustanil.

#basarnas #Kapal nelayan