Sabtu, 04 Maret 2023 14:06

Instruksi ASN Hindari Perilaku Hedonisme, Wali Kota Makassar: Kan, Gajinya Ditahu-ji

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto (Danny).
Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto (Danny).

Wali Kota Makassar meminta para ASN lingkup Pemkot Makassar untuk tidak mengadopsi gaya hidup hedonisme sesuai instruksi Presiden Jokowi. Ia menekankan pentingnya menerapkan gaya hidup sederhana dan tidak berlebihan.

 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto (Danny), meneruskan instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkait instruksi bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan petugas institusi vertikal menghindari perilaku hedonisme.

Danny Pomanto menyebut bahwa hingga saat ini ASN lingkup Pemkot Makassar telah mematuhi aturan tersebut dan tidak mengadopsi gaya hidup hedonisme. Bahkan, Danny Pomanto sendiri selalu memberikan contoh pada bawahannya tentang pentingnya menerapkan gaya hidup yang sederhana dan tidak berlebihan.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

"Kalau saya memang dari awal memberi contoh bahwa jangan hedon. Contohnya rumahku ini tidak ada yang berubah, tidak ada mobil baruku, harus tawadu," kata Danny Pomanto saat diwawancarai di kediamannya, Jalan Amirullah, Jumat (3/3/2023).

Danny Pomanto menambahkan, perilaku memamerkan kekayaan akan menjadi pertanyaan terkait sumber penghasilan ASN lingkup Pemkot Makassar. Bahkan, gaji seorang wali kota pun tidak cukup untuk mendukung perilaku hedonisme.

"Di Pemkot saya kira tidak ada gaya hedon-hedon itu. Sudah juga disampaikan memang. Kalangan ASN, kan, gajinya ditahu-ji," tegasnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

Meski demikian, Danny Pomanto menegaskan jika ada ASN Pemkot yang melakukan perilaku tersebut, maka pastinya akan ditegur.

Hal ini dilakukan menyusul viralnya aksi pamer harta kekayaan anak pejabat yang mendapatkan perhatian serius dari Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi pun telah menginstruksikan para menteri dan kepala lembaga untuk menertibkan pejabat yang bergaya hedonisme.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

"Oleh sebab itu, saya minta pada seluruh menteri dan kepala lembaga untuk mendisiplinkan aparat di bawahnya," ujar Presiden Jokowi pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Presiden Jokowi menilai, perilaku pamer kekayaan sangat tidak pantas ditunjukkan para pejabat. "Supaya ditekankan kepada kita, kepada bawahan kita, jangan pamer kekuasaan, jangan pamer kekayaan. Apalagi sampai dipajang-pajang di Instagram, di media sosial," tegasnya.

Presiden Jokowi mengingatkan bahwa inti dari program reformasi birokrasi yang selama ini dijalankan pemerintah adalah rakyat terlayani dengan baik, secara efektif dan akuntabel.

Baca Juga : Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar

Oleh karena itu, aparat pemerintah diharapkan untuk tidak memberikan pelayanan yang buruk dan perilaku yang arogan serta pamer kekuasaan dan harta harus dihindari.

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto #Joko Widodo #Hedonisme