Minggu, 26 Februari 2023 18:57

Warga Bahagia, Jalan Poros Pinrang-Enrekang Segera Tuntas

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Warga Bahagia, Jalan Poros Pinrang-Enrekang Segera Tuntas

Saat ini progres pengerjaan jalan sepanjang 2,35 km di ruas Paleteang - Malaga - Kabere sudah sekitar 90 persen.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Warga Enrekang merasa senang dengan progres yang baik pada preservasi jalan dan pembangunan jembatan pada jalan poros Pinrang-Enrekang, tepatnya di ruas Paleteang - Malaga - Kabere.

Saat ini progres pengerjaan jalan sepanjang 2,35 km di ruas Paleteang - Malaga - Kabere sudah sekitar 90 persen.

Ruas ini menjadi salah satu prioritas Gubernur Andi Sudirman pada segmen yang rusak berat.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman melakukan kunjungan lapangan sekaligus meninjau progres preservasi jalan dan pembangunan jembatan pada ruas Paleteang - Malaga - Kabere di Kabupaten Enrekang di Desa Taulan, Kecamatan Cendana, Sabtu (25/2/2023).

Ibu Irawati salah seorang warga Desa Taulan, Kecamatan Cendana menyatakan bersyukur karena jalan yang bertahun-tahun kondisinya rusak dan berlubang kini dapat dilalui kendaraan dengan lancar.

"Sudah bertahun tahun, sudah lama sekali jalan ini rusak dan baru kali ini dikerjakan, terima kasih atas perbaikan jalan ini, terima kasih banyak pak Gubernur," kata Irawati bersama masyarakat sekitar.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

Kepala Desa Taulan, Kecamatan Cendana, Muhammad Arsun juga menyatakan rasa syukur karena jalan desanya yang merupakan jalan poros Enrekang- Toraja dengan jalur yang cukup padat.

"Kami segenap masyarakat berterima kasih kepada Gubernur Sulsel Bapak Andi Sudirman Sulaiman yang memberikan anggaran untuk perbaikan jalan kami," bebernya.

Bahkan, kata dia masyarakat sempat menyatakan protes dengan menanam pohon pisang di sepanjang jalan rusak karena tidak kunjung diperbaiki.

Baca Juga : Optimalkan Penerimaan Pajak, Bupati Enrekang Teken Perjanjian Kerjasama dengan DJP-DJPK

"Awalnya jalan ini sangat memprihatinkan bahkan jalan ini pernah ditanami pisang oleh masyarakat karena tidak terbangun sehingga masyarakat di sini merasa tidak diperhatikan. Alhamdulillah sekarang ini dengan adanya pembangunan yang dilaksanakan oleh provinsi kami sangat berterima kasih pada Gubernur Bapak Andi Sudirman yang telah membangun daerah ini dengan baik," ujarnya.

Jalan ini merupakan akses alternatif Enrekang ke Toraja melalui kabupaten Pinrang dengan memangkas jarak sekitar 30 km jika dibandingkan melewati jalan nasional.

"Semoga dengan akses ini, bermanfaat dalam kelancaran mobilitas barang dan jasa, yang muaranya akan menggeliatkan perekonomian masyarakat," kata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman.

Baca Juga : Bupati Enrekang Apresiasi Swadaya Warga Perbaikan Jalan Provinsi Poros Kotu-Masalle

Bupati Enrekang Muslimin Bando turut menyampaikan apresiasi atas perhatian Gubernur pada poros Pinrang-Enrekang.

Bupati berharap, perhatian serupa ditunjukkan oleh pemerintah pusat untuk jalan nasional Sidrap-Enrekang-Tator yang saat ini juga rusak parah.

 

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #Jalan Poros Pinrang-Enrekang