Minggu, 22 Januari 2023 20:07

Ditemani Srikandi IAS dan Kades Pancana, IAS Sambangi Korban Puting Beliung di Barru

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ditemani Srikandi IAS dan Kades Pancana, IAS Sambangi Korban Puting Beliung di Barru

IAS mengelilingi sekira 5 rumah yang ternyata berjarak ratusan meter satu sama lain. Beberapa di antaranya roboh dan rata dengan tanah.

RAKYATKU.COM -- Kandidat bakal calon gubernur Sulsel 2024, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS) mengunjungi lokasi korban bencana angin puting beliung di Desa Pancana, Kecamatan Tanete Rilau, Barru, Ahad (22/1/2023).

IAS mengelilingi sekira 5 rumah yang ternyata berjarak ratusan meter satu sama lain. Beberapa di antaranya roboh dan rata dengan tanah.

Ditemani Kepala Desa Pancana, H Idris dan Ketua Srikandi IAS Barru, H St Zaenab, dan beberapa anggotanya.

Baca Juga : Berbagai Kalangan Doakan dan Dukung IAS Pimpin Sulsel 2024 Mendatang

IAS mengaku segera mengupayakan bantuan perbaikan rumah utamanya bagi rumah korban yang benar-benar hancur dan rata dengan tanah.

"Insya Allah Pak Desa tolong sampaikan salam kepada korban yang tidak sempat saya temui. Duka ini duka kita bersama," ujar wali kota Makassar 2004-2014 ini.

Puting beliung di Pancana tidak menelan korban jiwa, Ahad 15 Januari. Tapi 20 rumah terkena dampak dan lima di antaranya rata dengan tanah.

Baca Juga : RAPI-Auto Fox Hunting Series Bakal Jelajahi Sulsel, Berjarak 1.314 Km

Rumah Imam Desa Pancana, H Sulaiman salah satu yang paling parah. Hancur menyisakan puing-puing. Beberapa pohon besar terangkat. Tidak sedikit pohon patah dahan tersisa batang berdiri seolah habis dipangkas.

"Kami baru saja selesai Salat subuh dan masih sedang berdoa di masjid bersama jemaah. Tiba-tiba suara gemuruh itu ternyata menyebabkan apa yang Pak Ilham lihat," kata H Sulaiman.

Kades H Idris mengaku sangat bersyukur karena tidak ada korban jiwa dalam kejadian. Selain menyambangi lokasi bencana, IAS juga sempat mengunjungi kantor Desa Pancana.

Baca Juga : Haji Sila Cerita Kebiasaan Eks Bupati Gowa yang Menurun ke IAS

IAS juga sempat bercengkerama dengan nelayan kepiting rajungan yang sedang bersiap turun melaut, di dermaga belakang kantor desa.

IAS Kembali melakukan roadshow ke sejumlah daerah, Ahad-Rabu, 22-25 Januari 2023. Empat daerah yang akan disasar IAS adalah Parepare, Wajo, Palopo dan Luwu.

Di Parepare, IAS dijadwalkan akan melantik Pengurus KBPP Polri Parepare dan temu sejumlah tokoh. Di Palopo, IAS bakal menghadiri rangkaian Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPLR). Di Luwu, mantan ketua Golkar Sulsel itu akan bertemu sejumlah tokoh, demikian pula di Wajo. (*)

#Ilham Arief Sirajuddin