Sabtu, 24 Desember 2022 09:01

Cuaca Ekstrem, Bupati Selayar Imbau Nelayan Tak Paksakan Diri Melaut

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Kepulauan Selayar, Muhammad Basli Ali.
Bupati Kepulauan Selayar, Muhammad Basli Ali.

"Saya ingatkan, untuk sementara tahan diri dulu untuk melaut sampai benar-benar cuaca aman, demi keselamatan diri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Basli,

RAKYATKU.COM, KEPULAUAN SELAYAR - Bupati Kepulauan Selayar, Muhammad Basli Ali, mengimbau para nelayan agar tidak memaksakan diri melaut di tengah kondisi cuaca ekstrem.

"Saya ingatkan, untuk sementara tahan diri dulu untuk melaut sampai benar-benar cuaca aman, demi keselamatan diri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Basli dikutip dari Antara, Sabtu (24/12/2022).

Basli juga mengimbau warga untuk waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem yang berpotensi banjir, angin kencang, pohon tumbang, dan gelombang tinggi.

Baca Juga : Tinjau Lokasi Kebakaran Pasar, Bupati Selayar Carikan Solusi Agar Pedagang Bisa Kembali Berjualan

"Beberapa hari terakhir ini cuaca tak menentu, hujan deras disertai angin kencang. Saya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga," ujarnya.

Tak hanya masyarakat nelayan, dirinya juga meminta agar masyarakat yang berdomisili di pesisir pantai juga harus selalu siaga dan waspada demi keselamatan bersama.

Mengingat Selayar termasuk daerah rawan bencana, Basli menginstruksikan kepada para camat dan kepala desa/lurah segera melakukan langkah antisipasi untuk meminimalkan risiko.

Baca Juga : Bupati Selayar Antar Langsung Sertifikat Lahan untuk Bangun Pangkalan TNI AL

"Tingkatkan koordinasi dengan dinas terkait, segera melapor jika ada gejala dan terjadi bencana,” tuturnya.

Selain hujan deras dan angin kencang, pohon tumbang juga sering terjadi, oleh karena itu Basli meminta masyarakat untuk berhati-hati jika berkendara atau melakukan aktivitas di luar rumah ketika dalam keadaan cuaca hujan disertai angin kencang.

#basli ali #Pemkab Selayar #Cuaca ekstrem di Selayar