Senin, 31 Oktober 2022 14:27

Rakornas Bersama Mendagri, Pemkot Parepare Komitmen Jaga Kestabilan Harga

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rakornas Bersama Mendagri, Pemkot Parepare Komitmen Jaga Kestabilan Harga

Sekretaris Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad mengatakan, bahwa Rakornas pengendalian inflasi menitikberatkan bagaimana upaya setiap daerah dalam mengendalikan inflasi.

RAKYATKU.COM, PAREPARE -- Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim memimpin jajaran Pemerintah Kota Parepare mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) tentang pengendalian inflasi di daerah melalui video conference dari Lounge BJ Habibie, Kantor Wali Kota Parepare, Senin, (31/10/2022).

Jajaran Pemkot Parepare yang mengikuti Rakornas di antaranya Sekretaris Daerah Kota Parepare, H Iwan Asaad, Asisten II Suriani, Kepala Dinas Perdagangan, Prasetyo Catur, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Muh Nur, Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan, Wildana.

 

Rakornas dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, yang dilaksanakan secara hibrid di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat.

Baca Juga : Pemkot-DPRD Bahas Rancangan Pagu Indikatif Wilayah Kota Parepare 2024

Rakor diikuti oleh seluruh Gubernur, Bupati Wali Kota di Indonesia.

Rakor secara umum membahas langkah konkret sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2022.

Sekretaris Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad mengatakan, bahwa Rakornas pengendalian inflasi menitikberatkan bagaimana upaya setiap daerah dalam mengendalikan inflasi.

Baca Juga : Festival Salo' Karajae Parepare Kembali Masuk KEN Kemparekraf 2023

“Sesuai juga arahan dari Bapak Wali Kota Parepare, Taufan Pawe untuk senantiasa mengendalikan inflasi di Kota Parepare,” ujar Iwan.

Sponsored by MGID

Iwan mengungkapkan, bahwa kondisi harga di pasar khususnya di Parepare hingga saat ini cenderung masih terkendali. Kalaupun ada perkiraan kenaikan harga, maka secepatnya akan dikoordinasikan dengan pihak terkait untuk segera dikendalikan.

“Bisa kita lakukan Operasi Pasar atau Pasar Murah agar masyarakat Kota Parepare tetap mendapatkan kebutuhannya dengan harga yang terjangkau,” ungkap Iwan.

Baca Juga : Wali Kota Parepare Dorong Mahasiswa KKN Unhas Sinergi Cegah Stunting

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) mengakui, karena keberhasilan Parepare menekan inflasi pasca kenaikan harga BBM, mendapatkan penghargaan berupa dana DID dari Presiden melalui Menteri Keuangan.

Taufan Pawe bersyukur dan bangga atas apresiasi yang diberikan itu, dan akan terus berkomitmen dalam pengendalian inflasi khususnya di Parepare.

“Alhamdulilah kita mendapatkan apresiasi penghargaan dari Presiden. Ini patut kita banggakan. Karena perjuangan kita dalam menekan laju inflasi berbuah reward,” kata Taufan Pawe.

Baca Juga : Satpam RSUD Andi Makkasau Dapat Penghargaan Polres Parepare

Wali Kota Parepare dua periode ini mengungkapkan, Pasar Murah merupakan salah satu program yang sukses menekan angka inflasi.

“Apalagi pasca kenaikan BBM, kami rutin menggelar Operasi Pasar di setiap pasar atau di wilayah kelurahan dan kecamatan,” terang TP.

TP mengemukakan, Pemkot Parepare selalu menggandeng distributor untuk mendapatkan harga murah dan ketersediaan barang.

Baca Juga : Wali Kota Parepare Harap Suporter Tertib Saksikan Laga PSM Makassar Vs Rans Nusantara di GBH

“Kita juga melakukan pengawasan ketat agar tidak terjadi penimbunan. Kami rawat hubungan dengan pelaku usaha sembari kita edukasi. Sehingga harga barang stabil di Kota Parepare, pasca kenaikan harga BBM,” tandas TP.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #rakornas #mendagri