Selasa, 16 Agustus 2022 19:05

Jelang HUT RI, Ribuan Pendaki Padati Kawasan Gunung Bawakaraeng

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jelang HUT RI, Ribuan Pendaki Padati Kawasan Gunung Bawakaraeng

"Kondisi umum semua pendaki dalam keadaan baik, telah dilakukan sortir pendaki yang tidak memiliki perlengkapan yang standar diarahkan untuk melengkapi sebelum melaksanakan pendakian"

Baca Juga : Danny Pomanto Kukuhkan Paskibraka Kota Makassar 2023

 

RAKYATKU.COM -  Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke -77 Tahun ribuan pendaki telah memadati  kawasan Gunung Bawakaraeng Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Kepala Seksi Operasi Basarnas Sulsel, Muhammad Rizal mengungkap hingga Pukul 17.55 Wita data yang ia peroleh sudah ada sebanyak 1435 pendaki. Ia mengatakan jumlahnya akan terus bertambah mengingat perayaannya HUT RI masih ada satu hari lagi.

Baca Juga : Sinergi Basarnas dan Pemerintah Sulsel dalam Penanganan Bencana Semakin Kuat

"Lembanna 154 orang, Lembah Ramma 518 orang, dan Puncak Gunung Bawakaraeng 763 orang. Total pendak 1439 orang. Ini akan masih akan terus bertambah. Masih banyak yang sementara registrasi," kata Muhammad Rizal pada Selasa (16/8/2022).

Sejauh ini kata Muhammad Rizal kondisi semua pendaki dalam keadaan baik. Dia juga mengungkapkan dalam pelaksanaan Siaga SAR khusus merah putih Gunung Bawakaraeng Tahun 2022.

"Kondisi umum semua pendaki dalam keadaan baik, telah dilakukan sortir pendaki yang tidak memiliki perlengkapan yang standar diarahkan untuk melengkapi sebelum melaksanakan pendakian," jelasnya.

Baca Juga : Kemendikbudristek Kembali Gelar Pekan Kebudayaan Nasional, “Merawat Bumi Merawat Kebudayaan”

Sebanyak 215 unsur SAR yang terlibat. Selain itu, Basarnas juga menyediakan alat utama (Alut) seperti, truk personil, medical bag, alat komunikasi HT, alat navigasi dan ambulance. 

Adapun kondisi cuaca di wilayah pegunungan Bawakaraeng saat ini disebut cerah dan sedikit angin kencang dengan suhu udara 14° C.

"Ada dari BPBD Kota Makassar, BPBD Kabupaten Gowa, Damkar Kota Makassar SAR Unhas, SAR Humanity, SAR UNM, SAR Unibos hingga SAR Ojol," bebernya.

Baca Juga : Danny Pomanto Kukuhkan Paskibraka Kota Makassar 2023

 

#HUT RI #17 agustus #Gunung Bawakaraeng #Indonesia #basarnas