Rabu, 06 Juli 2022 14:33

Dispopar Enrekang Fokus Bina Atlet Muda, Siapkan Sarana Olahraga di Setiap Kecamatan

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dispopar Enrekang Fokus Bina Atlet Muda, Siapkan Sarana Olahraga di Setiap Kecamatan

Dengan adanya sarana yang dibangun, tidak hanya pembinaan dan prestasi olahraga yang bisa dicapai, tapi lebih dari itu kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

RAKYATKU.COM, ENREKANG -- Pembinaan usia dini menjadi prioritas utama Dinas Kepemudaan Olahraga dan Parwisiata (Dispopar) Kabupaten Enrekang, dalam melaksanakan programnya. Sasarannya adalah umur 8 tahun hingga umur 18 tahun.

Hal ini dikatakan Staf Bidang Olahraga Dispopar, Suhardi saat menjadi pembicara pada acara bazar dan dialog yang dilaksanakan UKM Olahraga Universitas Muhammadiyah Enrekang (UNIMEN), Selasa (5/7/2022), di Warkop Talaga Enrekang.

Dialog yang dihadiri puluhan mahasiswa Unimen itu, mengangkat tema Problem Keolahragaan di Bumi Massenrempulu. Turut hadir sebagai pembicara, Sekertaris Umum KONI Kabupaten Enrekang, Muh. Basri.

Baca Juga : Majukan Pariwisata, Dispopar Enrekang Gelar Pelatihan Tracking

“Sasaran kami adalah program pembinaan prestasi umur 8 hingga 18 tahun. Kenapa, karena tujuan kami adalah membentuk karakter dan membina mental para atlet. Dan itu bisa dilakukan sejak usia dini,” jelas Suhardi.

Lanjut dikatakan Suhardi, saat ini pemerintah Kabupaten Enrekang sedang membangun fasilitas sarana prasarana olahraga di setiap kecamatan. Selain itu, pemerintah sedang mengembangkan olahraga arung jeram di Kecamatan Baraka.

Dengan adanya sarana yang dibangun, tidak hanya pembinaan dan prestasi olahraga yang bisa dicapai, tapi lebih dari itu kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

Baca Juga : Kepala Desa di Enrekang Rancang Konsep Desa Internasional, Seperti Apa?

“Secara tidak langsung pertumbuhan perekonomian masyarakat akan meningkat. Masyarakat bisa berjualan di sekitar fasilitas tersebut,” lanjut Suhardi.

Untuk pembinaan prestasi, Dispopar Kabupaten Enrekang aktif melaksanakan Pekan Olahraga Pelajar (Porpel) tingkat Kabupaten Enrekang, serta mengikuti Porpel dan Popda di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain itu, Dispopar Kabupaten Enrekang juga aktif melakukan pembinaan prestasi kepada atlet-atlet penyandang disabilitas, yaitu ikut dalam kegiatan paralimpik tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Dispopar Enrekang Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Destinasi Wisata

Dari 18 cabang olahraga yang terdaftar di KONI Enrekang, ada 11 cabang olahraga yang menjadi prioritas pembinaan Dispopar Kabupaten Enrekang.

Semuanya tersebar di beberapa kecamatan. Cabang olahraga tersebut diantaranya, sepak takraw, tenis meja, panahan, tenis lapangan, sepak bola, panjat tebing, tinju, karate, renang, futsal, balap motor.

"11 cabang olahraga inilah yang akan mewakili Kabupaten Enrekang pada ajang Porprov Sulsel, yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober nanti di Kabupaten Sinjai dan Bulukumba,” jelas Sekum KONI Enrekang, Muh. Basri.

Baca Juga : 23 Desa di Enrekang Disiapkan Jadi Desa Wisata

Kedepannya, baik KONI maupun Dispopar Kabupaten Enrekang akan lebih meningkatkan pembinaan atlet hingga umur 24 tahun.

Penulis : Hasrul Nawir
#Dispopar Enrekang #Sarana Olahraga