Rabu, 24 November 2021 13:05

Majukan Pariwisata, Dispopar Enrekang Gelar Pelatihan Tracking

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Enrekang, Muslimin Bando, saat pembukaan pelatihan pemandu wisata alam (tracking) kepada pemandu lokal Wisata Gunung Latimojong di Villa Bambapuang.
Bupati Enrekang, Muslimin Bando, saat pembukaan pelatihan pemandu wisata alam (tracking) kepada pemandu lokal Wisata Gunung Latimojong di Villa Bambapuang.

Muslimin Bando mengingatkan, menjadi pemandu wisata bukan orang sembarangan, mereka adalah orang pilihan akan memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) terus mengasah kemampuan pengelolaan wisata di wilayahnya.

Dispopar menggelar pelatihan pemandu wisata alam (tracking) kepada pemandu lokal Wisata Gunung Latimojong di Villa Bambapuang, Senin-Sabtu, (22--27/11/2021). Ini merupakan gelombang keenam.

Bupati Enrekang, Muslimin Bando (MB), dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa pelatihan seperti ini memang sangat dibutuhkan, apalagi ada sertifikatnya.

Baca Juga : Wakil Bupati dan Ketua PKK Enrekang Terima 3 Penghargaan dari Pemprov Sulsel

"Ini kegiatan yang hebat, pertama kalinya pelatihan pemandu wisata bersertifikat diadakan di Enrekang," puji MB.

Dia mengingatkan, menjadi pemandu wisata bukan orang sembarangan, mereka adalah orang pilihan akan memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung.

 

Dia mengatakan bahwa peserta yang hadir pelatihan ini adalah orang pilihan dari Enrekang. Sebab, tidak banyak yang punya pengalaman mendaki sekelas Gunung Latimojong.

Baca Juga : Kerja Sama Pemkab dan Unimen, Belanda Kembangkan Sekolah Lapang Digital di Enrekang

"Pemandu wisata harus mampu menjawab segala macam pertanyaan dari wisatawan, itu salah satu bentuk pelayanan kepada pengunjung," ujarnya.

Sponsored by MGID

MB berpesan kepada peserta pelatihan agar memperhatikan materi yang diberikan karena praktiknya nanti tidak semudah saat materi.

"Pelajari baik-baik jadi pemandu, kenapa? Karena tanggung jawabnya besar, taruhannya adalah nyawa dan risikonya tidak main-main," pesan MB.

Baca Juga : Pemkab Enrekang Terbaik 1 Roadmap Digitalisasi Daerah

Pada akhir sambutan, MB menyampaikan harapan yang besar agar kegiatan yang telah berlangsung selama beberapa gelombang ini bermanfaat untuk anak-anak bangsa dan pariwisata Enrekang.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #Dispopar Enrekang