Kamis, 23 Juni 2022 18:07

Pimpinan DPRD Parepare Yakinkan ASN Segera Terima TPP

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wakil Ketua DPRD Kota Parepare Rahmat Sjamsu Alam
Wakil Ketua DPRD Kota Parepare Rahmat Sjamsu Alam

Sudah ada titik terang mengenai pengukuran indikator kinerja yang sebelumnya sempat menjadi faktor tertundanya pembayaran TPP di Parepare.

RAKYATKU.COM, PAREPARE -- Tidak ada lagi permasalahan terkait Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kota Parepare.

Sudah ada titik terang mengenai pengukuran indikator kinerja yang sebelumnya sempat menjadi faktor tertundanya pembayaran TPP di Parepare.

Indikator penilaian kinerja ASN Parepare akan diukur melalui aplikasi E-Kinerja dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang sudah diuji coba di beberapa SKPD Pemkot Parepare.

Baca Juga : Parepare Raih Bhumandala Award 2022

Hal ini dibenarkan Wakil Ketua DPRD Parepare, M Rahmat Sjamsu Alam, Kamis (21/6/2022).

Rahmat mengaku, setelah melalui enam kali pertemuan bersama Pemkot Parepare dalam hal ini BKPSDMD, Badan Keuangan Daerah (BKD), Bagian Organisasi, dan Bagian Hukum akhirnya semua jelas dan ada titik terang terkait pembayaran TPP.

 

“Alhamdulillah terkait dengan rencana pembayaran TPP bagi ASN Kota Parepare sudah menemui titik terang. Setelah enam kali pertemuan dengan BKPSDMD, Kepala BKD, Kabag Organisasi, dan Kabag Hukum," ungkap Rahmat.

Baca Juga : Kunjungi Sumber Air Baku PDAM yang Terdampak Banjir, Wali Kota Parepare Optimis Perbaikan Rampung 2 Hari Lagi

"Pertemuan terakhir di ruangan saya bersama BKPSDMD dan Kabag Organisasi menjelaskan bahwa aplikasi yang digunakan dari BKN. Karena itu, terlebih dahulu dilakukan penginputan database ASN ke dalam aplikasi tersebut,” sambungnya.

Sponsored by MGID

Politisi berakronim RSA ini mengemukakan, sudah dilakukan sosialisasi terkait tata cara penginputan E-Kinerja.

Dan sejak Senin, 20 Juni 2022, sudah mulai dilakukan penginputan database setiap ASN ke dalam aplikasi E-Kinerja. Penginputan database dimulai dari Pimpinan SKPD kemudian turun ke bawah hingga ke para staf.

Baca Juga : Wali Kota Parepare Serahkan Bantuan Sosial ke PPKS

“Saya juga sampaikan bahwa pembayaran TPP ini tetap dimulai Januari sampai dengan Desember. Tinggal bagaimana ASN memasukkan E-Kinerja ke dalam aplikasi tersebut. Dan kita berdoa, mudah-mudahan sebelum Idul Adha nantinya pembayaran TPP sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah,” harap Ato, sapaan akrab Ketua DPC Partai Demokrat Parepare ini.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe sudah menyatakan komitmennya untuk menjalankan TPP bagi ASN Pemkot Parepare. Hanya saja dalam menjalankannya, dia mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Kehati-hatian dimaksud, karena Parepare belum memiliki aplikasi untuk mengukur indikator kinerja pegawai. Karena ada dua item penilaian TPP yakni kehadiran dan kinerja. Kehadiran berbobot 40 persen dan kinerja 60 persen.

Baca Juga : Sosialisasi Perda RTRW Sulsel 2022-2041, Wali Kota Parepare: GPS Pembangunan

“Kalau kehadiran mudah menilainya, ada absensi sidik jari, ada absensi manual. Tapi kinerja bagaimana mengukurnya, sementara Parepare belum memiliki aplikasi untuk mengukurnya. Karena itu harus dijalankan dengan kehati-hatian,” tegas Taufan Pawe.

Karena prinsip kehati-hatian itu, Taufan Pawe sebelumnya sudah menugaskan Asisten I, Asisten II, Badan Keuangan Daerah (BKD), dan Inspektorat Parepare untuk berkonsultasi dengan BPKP, khususnya terkait indikator kinerja itu.

“Harus jelas indikator kinerjanya, agar tidak ada permasalahan. Karena itu saya sudah menugaskan Asisten I, Asisten II, BKD, dan Inspektorat Parepare untuk berkonsultasi langsung dengan BPKP,” tandas Taufan Pawe. (*)

Penulis : Hasrul Nawir
#dprd parepare #Pemkot Parepare