Sabtu, 04 Juni 2022 22:16

Mahasiswa PSI UNIMEN Manfaatkan Perpusda Enrekang untuk Pembelajaran

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Mahasiswa PSI UNIMEN Manfaatkan Perpusda Enrekang untuk Pembelajaran

Puluhan Mahasiswa PSI Unimen dibagi dalam enam kelompok ini melakukan kunjungan di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Enrekang keseluruhan kelompok tersebut Masih tergabung dalam semester dua.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Enrekang terus mengembangkan fungsinya. Tidak sekadar ruang baca, Perpusda juga menjadi ruang 'kuliah' bagi mahasiswa.

Seperti pada hari Jumat 3 Juni 2022, puluhan Mahasiswa Prodi Sains dan Informasi (PSI) Universitas Muhammadiyah (Unimen) Enrekang melakukan kunjungan ke Perpustakaan, sebagai bagian proses perkuliahan.

Kegiatan ini dilakukan selama dua hari yang dimulai dari tanggal 3-4 Juni 2022 mereka dipandu langsung pustakawan dari Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Enrekang.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Puluhan Mahasiswa PSI Unimen dibagi dalam enam kelompok ini melakukan kunjungan di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Enrekang keseluruhan kelompok tersebut Masih tergabung dalam semester dua.

Dalam kesempatan tersebut Dosen Pengampuh Prodi PSI Unimen Ismaya menyatakan bahwa mereka melakukan praktek pengolahan bahan Pustaka yang dilakukan langsung oleh mahasiswa prodi perpustakaan sains informasi.

"Pustakawan di perpustakaan secara langsung mengajak mahasiswa ke ruang perawatan dan perbaikan bahan pustaka," ungkapnya.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

Lebih lanjut Ismaya menjelaskan bahwa di dalam ruangan ini mahasiswa belajar bagaimna cara inventarisasi (pemeriksaan koleksi, pengelompokan koleksi, pengecapan, dan pencatatan), klasifikasi, input data, labelling, dan shelving.

"Selain itu mahasiswa diajak ke bagian Transformasi Digital, pada bagian ini mahasiswa diajak bagaimana cara menggunakan Inlis Lite yang berguna Sebagai tool perpustakaan digital untuk mengelola koleksi full-text ,multimedia dan Membantu dalam pembentukan katalog elektronis berbasis MARC," tandasnya.

Sementara itu salah satu Mahasiswa PSI Unimen Nurul mengatakan bahwa tujuan dan maksud dilakukannya kegiatan tersebut agar mahasiswa prodi perpustakaan mampu mengetahui bagaimna cara pengolahan bahan Pustaka.

Baca Juga : Optimalkan Penerimaan Pajak, Bupati Enrekang Teken Perjanjian Kerjasama dengan DJP-DJPK

"Agar para mahasiswa mempunyai pengalaman dan agar mahasiswa perpustakaan dan sains informasi bisa mengetahuinya bukan hanya memahami secara teori tetapi mampu mempraktikkkanya," ungkapnya.

Ia menuturkan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan harapan bahwa agar mahasiswa prodi perpustakaan dan sains informasi bisa memahahami secara langsung karena tammatan prodi perpustakaan dan sains informasi diharapkan mempunyai kemampuan di bidangnya sesuai dengan nama jurusan yang di ambil yaitu prodi perpustakaan dan sains informasi.

"Dengan kunjungan ini diharapkan mahasiswa semakin mengerti tentang pengolahan bahan Pustaka yang baik dan benar, guna menunjang pengetahuan mahasiswa kelak apabila terjun kedunia kerja," pungkasnya.

Baca Juga : Bupati Enrekang Apresiasi Swadaya Warga Perbaikan Jalan Provinsi Poros Kotu-Masalle

 

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #Perpustakaan daerah