Rabu, 11 Mei 2022 18:37

Persiapkan Pemilih Cerdas dan Pemilu Berkualitas KPU Makassar Jalankan Program KP3

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Persiapkan Pemilih Cerdas dan Pemilu Berkualitas KPU Makassar Jalankan Program KP3

"kita perlu meyakinkan masyarakat agar dapat menerima informasi yang ingin disampaikan terutama informasi mengenai pemilu"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - KPU Kota Makassar kembali menjalankan program pendidikan pemilih melalui program Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (KP3) Rabu (11/05). Program ini sebagai ikhtiar dalam mempersiapkan pemilih yang cerdas dan Pemilu yang berkualitas.

Program KP3 saat ini telah memasuki angkatan ke-9. Kegiatan ini berlangsung di hotel Horison, adapun pesertanya adalah kader KP3 dan tokoh masyatakat dari kecamatan Rappocini.

Sebagaimana sebelumnya, kali ini KP3 Menghadirkan tiga Komisioner KPU Kota Makassar sebagai pemateri antara lain M. Faridl Wajdi (Ketua KPU kota Makassar), Endang Sari (Kordiv Divisi Sosialisasi, pendidikan pemilih, SDM dan Parmas), dan M. Gunawan Mashar (Kordiv Teknis Penyelenggaraan Pemilu.

Baca Juga : Sukseskan Pemilu, Damkar Makassar Siapkan 14 Armada Siaga 24 Jam

Materi pertama dibawakan oleh Ketua KPU Kota makassar (M. Faridl Wajdi) yakni "persiapan menghadapi pemilu 2024". Ia menyampaikan persiapan pemilu harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum pemungutan suara agar kesiapan penyelenggaraan pemilu menjadi matang.

"Partisipasi masyarakat akan sangat di butuhkan, oleh karena itu masyarakat perlu membudayakan tertib administrasi," katanya.

Materi selanjutnya terkait "Teknik dan Identifikasi berita Hoaks" yang dibawakan oleh Endang sari, ia menyampaikan bahwa Hoaks seringkali diartikan sebagai berita bohong atau informasi yang dimanipulasi untuk kepentingan tertentu dengan tidak sesuai dengan fakta dan sumber yang tidak dapat di percaya.

Baca Juga : Jelang Pemilu 2024, KPU Makassar Gelar Simulasi Tahapan Pemilu dan Pemantapan Aplikasi SIREKAP

Hal ini karena rendahnya literasi digital masyarakat Indonesia sehingga menjadi pemicu masifnya hoaks beredar di masyarakat. Menghadapi pemilu serentak 2024, masyarakat harus kritis, harus bisa menelaah berita dan informasi(saring) sebelum di bagikan (sharing).

"Agar kehidupan demokrasi berbangsa dan bernegara bisa lebih matang dan kondusif," sebutnya.

Materi terakhir kali ini dibawakan oleh M. Gunawan Masrhar dengan materi "Komunikasi Publik Dalam Pemilu" Gunawan dalam materinya memaparkan bahwa pentingnya komunikasi dalam kehidupan keseharian kita terutama antar penyelenggara dan pemilih.

Baca Juga : Ganjar-Mahmud Akan Hadiri Kegiatan di Makassar, Toraja dan Luwu

"Sebab kita perlu meyakinkan masyarakat agar dapat menerima informasi yang ingin disampaikan terutama informasi mengenai pemilu," katanya.

#kpu makassar #Pemilu