Senin, 09 Mei 2022 10:25

MUI Serukan Umat Islam Qunut Nazilah Jelang Hari Kemerdekaan Israel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Hari kemerdekaan Israel 14 Mei sangat melukai warga Palestina. Sebab, tepat pada tanggal itu di tahun 1948 terjadi pengusiran besar-besaran terhadap warga Arab Palestina.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan umat Islam memanjatkan doa qunut nazilah saat melaksanakan ibadah salat. Seruan ini ditujukan khusus jelang peringatan kemerdekaan Israel pada 14 Mei nanti.

"Menyerukan kepada seluruh umat Islam, sesuai dengan tausiah Lebaran MUI baru-baru ini, diserukan agar memanjatkan doa qunut nazilah saat melaksanakan salat dalam waktu yang panjang," kata Ketua MUI, Sudarnoto Abdul Hakim, Ahad (8/5/2022).

Sudarnoto berharap seluruh elemen umat muslim dan ormas-ormas Islam di Indonesia turut menyerukan hal serupa.

Baca Juga : Puasa Arafah Saat Lebaran Iduladha Beda Tanggal, Ini Kata Ketua MUI

"Seluruh pengurus masjid dan musala, pimpinan ormas Islam, majelis taklim, lembaga-lembaga pendidikan Islam diharapkan ikut menyampaikan seruan ini mendorong agar membaca doa qunut nazilah," ucapnya.

Menuru Sudarnoto, hari kemerdekaan Israel 14 Mei sangat melukai warga Palestina. Sebab, tepat pada tanggal itu di tahun 1948 terjadi pengusiran besar-besaran terhadap warga Arab Palestina.

Momen pengusiran itu kemudian dijuluki sebagai hari bencana atau Yaum an-Nakbah dan selalu diperingati oleh warga Palestina dengan memperkuat perlawanan terhadap Israel.

Baca Juga : Israel Lolos Piala Dunia U-20 di Indonesia, Begini Respons Menpora dan PSSI

Ia berharap, dengan memanjatkan doa qunut nazilah dapat membuat umat Islam bersatu membantu Palestina menghadapi penjajahan Israel.

Sponsored by MGID

MUI terus mendukung Menteri Luar Negeri RI yang selama ini menunjukkan keseriusan dan kegigihannya membela Palestina.

Ia mengapresiasi sikap pemerintah yang sampai saat ini tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Baca Juga : Akademisi: Fatwa MUI tentang Panduan Wabah PMK Perkukuh Prinsip Ibadah Kurban

"Pemerintah dan bangsa Indonesia masih punya utang untuk kemerdekaan bangsa Palestina yang sejak Konferensi Asia-Afrika dideklarasikan tahun 1955. Karena itu spirit peringatan Yaum an-Nakbah perlu terus diberikan amunisi untuk kemerdekaan Palestina," tuturnya. (*)

Sumber: CNN Indonesia

#Majelis Ulama Indonesia #palestina #Israel