Senin, 04 April 2022 17:41

Dewan Adat Dayak Harap Masyarakat Kaltim dan Adat Dayak Dilibatkan dalam Pembangunan IKN

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sekretaris Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Martinus
Sekretaris Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Martinus

Martinus berharap masyarakat Kalimantan Timur, khususnya masyarakat adat dayak dapat diikutsertakan dalam pembangunan IKN tersebut.

RAKYATKU.COM, -- Pemerintah pusat kian serius dalam membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Sejumlah petinggi negara mulai berkunjung untuk melihat perkembangan pembangunan infrastruktur IKN.

Sekretaris Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Martinus Usut mengungkapkan per 1 April Kalimantan Timur ramai dikunjungi oleh sejumlah pejabat negara.

 

Beberapa diantaranya yaitu Wakil Ketua DPD RI H. Mahyudin, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Alue Dohong serta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Bapan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI Surya Tjhandra.

Baca Juga : Pemuda Hikma Diharapkan Berkontribusi untukĀ IKN

"Semoga kunjungan pemerintah pusat ke Kalimantan Timur dapat segera merealisasikan pembangunan IKN bisa lebih cepat sesuai dengan perencanaannya," ucap Martinus kepada awak media, Senin, (4/4/2022).

Martinus berharap masyarakat Kalimantan Timur, khususnya masyarakat adat dayak dapat diikutsertakan dalam pembangunan IKN tersebut.

"Kita berharap pemerintah dapat melibatkan masyarakat Kaltim dan adat dayak dalam pembangunan IKN ini. Musabab, masyarakat setempat juga butuh mata pencaharian untuk menghidupi keluarga mereka. Jangan khawatir, masyarakat dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada," imbuhnya.

Baca Juga : Kepala Bappeda Makassar Beberkan Potensi Ekonomi dengan Adanya IKN

Selain itu, Martinus juga meminta agar pemerintah senantiasa tetap menjunjung tinggi kearifan lokal, adat istiadat dan budaya setempat dalam proses pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

"Ini menjadi momentum bersama. Masyarakat adat dayak dapat menonjolkan kearifan lokalnya. Mulai dari ukir-ukiran dan ornamen adat pada tampilan gedung-gedung yang akan dibangun, sebagai bentuk kecintaan dalam melestarikan budaya adat istiadat dayak, hingga pada aspek nilai-nilai kehidupan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga dapat dikenang dan dipertahankan oleh generasi berikutnya," tutupnya.

#adat dayak #Kaltim #ikn