Jumat, 25 Maret 2022 16:53

Cara Jualan Online yang Menguntungkan bagi Pemula

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tentu mental Anda. Berjualan tidak semudah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang.

RAKYATKU.COM - Berjualan online menjadi salah satu metode yang tepat bagi pemula untuk memulai bisnis. Anda yang masih pemula tetap bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan cara jualan online. Namun, bagaimana cara yang benar untuk memulai jualan online?

1. Menyiapkan Mental
Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tentu mental Anda. Berjualan tidak semudah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Banyak pebisnis pemula yang baru memulai bisnisnya sudah mengalami kebangkrutan.

Untuk mengatasi rasa kecewa jika terjadi kegagalan, tentu Anda harus menyiapkan mental untuk hal ini. Anda harus mulai banyak mencari tahu tentang cara jualan online dan mencari tahu strategi dan risiko berjualan.

Baca Juga : Usia 18 tahun, Mahasiswi Ini Kantongi Ratusan Juta dari Jualan Daring di Facebook

Hal ini perlu dilakukan supaya Anda memiliki ilmu dasar berjualan. Supaya ketika ditengah jalan, Anda tidak merasa bingung atas bisnis yang sedang dijalankan. Jadi, Anda sudah memiliki pedoman cara berjualan yang menguntungkan.

2. Menentukan Produk
Jika Anda sudah mengetahui risiko-risiko berjualan online, selanjutnya adalah mulai menentukan produk. Ini adalah hal yang penting untuk Anda perhatikan ketika memulai bisnis secara online.

Tentukan produk apa yang ingin dijual dan sesuai dengan minat Anda. Sebaiknya, pilih produk yang sering dibeli oleh pelanggan yang menjadi kebutuhan mereka. Anda bisa berjualan makanan, skincare, atau kebutuhan lainnya yang sekiranya menjadi kebutuhan primer bagi pelanggan.

Baca Juga : Usia 18 tahun, Mahasiswi Ini Kantongi Ratusan Juta dari Jualan Daring di Facebook

Namun, hal ini juga tidak menutup kemungkinan oleh Anda untuk memilih produk yang sedang viral atau yang ingin Anda jual. Anda bisa dengan bebas memilih produk asal Anda tahu target pasarnya, sehingga memudahkan Anda untuk mendapat pelanggan.

3. Menyusun Rencana
Cara untuk memulai jualan online yang menguntungkan bagi pemula berikutnya yaitu dengan menyusun rencana bisnis yang akan dilakukan. Termasuk menentukan produk/jasa yang akan dijual, dan juga berapa harga yang tepat untuk produk tersebut.

Di sini, Anda juga harus membuat nama toko yang menarik. Ini cukup sepele, namun dapat mempengaruhi citra toko/produk yang dijual oleh Anda. Jadi, buatlah nama toko yang menarik untuk Anda.

Jangan lupa juga untuk Anda menentukan bagaimana strategi untuk menjual produk tersebut. Apakah langsung ingin membuat iklan di sosial media, atau melalui orang-orang terdekat terlebih dahulu. Carilah testimoni terlebih dahulu untuk menarik banyak kepercayaan pelanggan baru.

Baca Juga : Usia 18 tahun, Mahasiswi Ini Kantongi Ratusan Juta dari Jualan Daring di Facebook

4. Memilih Supplier yang Tepat
Setelah Anda menentukan jenis produk yang ingin dijual dan juga strateginya, Anda harus memilih supplier yang tepat. Carilah supplier yang memberikan harga murah dan stok produk yang melimpah. Karena nantinya Anda akan mengambil banyak barang karena pembeli yang memesan pun banyak.

Carilah supplier lebih dari satu untuk mengantisipasi terjadinya stok kosong. Jadi, jika supplier 1 sedang mengalami kendala, Anda bisa mendapatkan produk dari supplier 2 dengan aman.

Pilihlah juga supplier yang tidak hanya memberikan harga produk yang murah, namun juga produk yang lengkap. Semakin banyak produk yang dijual dan beragam, maka semakin tertarik juga konsumen untuk membelinya.

Baca Juga : Usia 18 tahun, Mahasiswi Ini Kantongi Ratusan Juta dari Jualan Daring di Facebook

5. Menetapkan Harga
Jika sudah memilih supplier, Anda harus mengetahui harga utama produk tersebut. Anda harus menentukan harga jual produk yang sebelum memasarkannya. Hal ini sangat penting dilakukan jika Anda ingin berjualan online.

Pada umumnya harga dijual ditentukan dari bahan yang digunakan, proses pembuatan, dan juga tentunya kualitas dari produk tersebut. Anda pun harus menghitung harga kotor dari produk dan menentukan keuntungan yang ingin didapat.

Sesuaikan harga jual produk dengan kualitas yang diberikan, jangan berikan harga jual yang tinggi untuk kualitas produk yang minim. Ini akan menurunkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk dan toko Anda.

Baca Juga : Usia 18 tahun, Mahasiswi Ini Kantongi Ratusan Juta dari Jualan Daring di Facebook

6. Memilih Platform Berjualan
Cara jualan online selanjutnya adalah memilih platform berjualan. Saat ini platform berjualan online sudah banyak beredar dan bermacam-macam. Anda bisa memilih untuk membuat website pribadi, atau berjualan di sosial media.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa berjualan di Blibli. Blibli menjadi salah satu platform berjualan online yang banyak dipilih masyarakat karena kemudahannya. Banyak masyarakat yang melakukan transaksi jual beli di Blibli.

Anda bisa mulai mendaftarkan akun, membuat toko, dan juga memposting produk jualan Anda di platform ini. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemasaran seperti memasang iklan, dan membuat promosi yang menarik untuk para pelanggan.

Baca Juga : Usia 18 tahun, Mahasiswi Ini Kantongi Ratusan Juta dari Jualan Daring di Facebook

7. Melakukan Promosi
Jika semuanya sudah siap, tentu hal terakhir yang harus dilakukan sebagai cara jualan online yang menguntungkan adalah dengan melakukan promosi. Lakukan promosi secara bertahap dan sering.

Berjualan tanpa promosi akan menyulitkan Anda untuk mendapat pelanggan. Sebab, pelanggan akan tertarik dengan toko yang sering melakukan promosi di sosial media, dibanding dengan toko online yang tidak aktif.

Ketika melakukan promosi juga Anda bisa saling berinteraksi dengan calon pelanggan. Ini dapat meningkatkan taraf kepercayaan dan juga brand awareness pelanggan terhadap produk atau toko Anda. Dengan begitu, pelanggan bisa mengenal lebih jauh tentang toko online Anda dan juga produk-produknya.

Baca Juga : Usia 18 tahun, Mahasiswi Ini Kantongi Ratusan Juta dari Jualan Daring di Facebook

Rekomendasi Platform
Anda bisa memulai bisnis dengan menggunakan Blibli. Karena, Blibli menyediakan laman khusus penjual yang bisa diakses dengan mudah oleh penjual. Anda juga bisa melakukan pengaturan sendiri terhadap toko Anda.

Itu dia cara jualan online yang menguntungkan bagi pemula. Jangan ragu lagi untuk memulai berjualan online karena Blibli bisa membantu Anda untuk berjualan dan mendapatkan audiens lebih banyak. (*)

#Online Shopping