Kamis, 24 Maret 2022 17:12

Enrekang Siapkan Diri Suplai Pangan Ibu Kota Baru

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Enrekang, Muslimin Bando
Bupati Enrekang, Muslimin Bando

"IKN Nusantara adalah peluang bagi Enrekang. Sebab selama ini kita adalah salah satu penyuplai pangan ke Kalimantan," kata Bupati Enrekang, Kamis (24/3/2022).

RAKYATKU.COM, ENREKANG -- Kabupaten Enrekang menjadi daerah potensial untuk memasok suplai pangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bupati Muslimin Bando berharap jajarannya beserta para petani bersiap untuk menyambut potensi ini.

"IKN Nusantara adalah peluang bagi Enrekang. Sebab selama ini kita adalah salah satu penyuplai pangan ke Kalimantan," kata Muslimin, Kamis (24/3/2022).

Enrekang sendiri mengirim suplai kebutuhan pokok seperti daging sapi dan telur, sayur mayur seperti bawang merah, kentang, wortel, kol, jahe, cabe, labu siam. Enrekang juga mengirim berbagai jenis buah seperti durian, rambutan, salak hingga alpukat.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Muslimin memaparkan, 9 dari 10 komoditas pangan strategis di IKN nanti, masih harus dipenuhi dari luar. Mulai proses pembangunan sampai IKN berfungsi, otomatis kebutuhan pangan akan bertambah seiring pertambahan penduduk.

Bappenas juga memprakirakan penambahan penduduk sekitar 1,5 juta jiwa akibat mobilitas aparatur sipil negara beserta keluarga dan pelaku bisnis pendukung ke Ibu Kota Negara.

"Sektor pangan menjadi salah satu yang harus diperhatikan dalam perencanaan perkotaan. Maka kita sudah harus memikirkan peningkatan produksi dan kemudahan distribusi. Makanya dalam Musrenbang RKPD tahun 2023 kemarin, saya menekankan perhatian khusus pada sektor pertanian ini," ungkap Muslimin.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

Karena itu Bupati Enrekang berharap, meski dirinya tidak lagi menjabat, saat IKN beroperasi, Enrekang masih menjadi pemasok utama kebutuhan pangan di ibu kota dalam tahun-tahun yang akan datang. (*)

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #muslimin bando