Sabtu, 19 Maret 2022 21:09

Bangun Semangat Sambut Ramadan, FMDKI Bima Sukses Laksanakan Kajian Ramadan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kegiatan ini laksanakan secara luring di Masjid Al-Muwahidin Kota Bima pukul 08.30-12.15 Wita dengan mengusung tema Ramadhan Kabarkan Surga yang Dirindu.
Kegiatan ini laksanakan secara luring di Masjid Al-Muwahidin Kota Bima pukul 08.30-12.15 Wita dengan mengusung tema Ramadhan Kabarkan Surga yang Dirindu.

Peserta berasal dari berbagai kampus di Bima di antaranya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, STKIP Taman Siswa Bima, Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran Bima, dan Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima.

RAKYATKU.COM, BIMA - Forum Muslimah Dakwah Kampus Indonesia (FMDKI) Daerah Bima menggelar kegiatan tahunan, yaitu Kajian Ramadhan Ilmiah Muslimah (Karimah), Sabtu (19/3/2022).

Kegiatan ini laksanakan secara luring di Masjid Al-Muwahidin Kota Bima pukul 08.30-12.15 Wita dengan mengusung tema Ramadhan Kabarkan Surga yang Dirindu.

Total peserta yang hadir pada acara ini sebanyak 42 orang yang berasal dari berbagai kampus di Bima di antaranya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima, STKIP Taman Siswa Bima, Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran Bima, dan Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima.

Baca Juga : Ratusan Muslimah Padati Karimah FMDKI Palopo, Ketua Dharma Wanita: Insyaallah Kami Dukung

Nurul Teti Cahyani selaku Ketua FMDKI Daerah Bima mengatakan, selain sebagai wadah silaturahmi, kegiatan ini juga diadakan untuk meningkatkan pemahan keislaman kepada para mahasiswa muslimah di Bima dalam mempersiapkan bekal Ramadan.

"Tujuan kegiatan ini merupakan bentuk syiar FMDKI Daerah Bima untuk memberikan pemahaman keislaman dalam menyambut bulan Ramadan, serta untuk mempererat silaturahim antar mahasiswa muslimah," jelasnya.

 

Kegiatan ini menghadirkan dua orang pemateri, yaitu Ustazah Nur Khairi yang juga penggiat dakwah dengan judul Sambut Ramadan Raih Kemuliaan.

Baca Juga : FMDKI Pinrang Gelar Karimah, Dirangkaikan Pengukuhan Pengurus Periode 2022-2023

Ustazah Nur Khairi menyampaikan harapannya agar muslimah yang hadir pada kegiatan telah siap menyambut bulan Ramadan.

Sponsored by MGID

"Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang menyambut Ramadan dengan amalan yang siap serta mengamalkan puasa sesuai sunah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam," ucapnya.

Sementara itu, materi kedua bertema Amaliah Ramadan Bagi Muslimah dibawakan Ustazah Maryam Ulfa, penggiat dakwah serta alumni jurusan syariah di Sekolah Tinggi Ilmu dan Bahasa Arab Makassar.

Baca Juga : Kajian Ramadan FMDKI Manado, Ustazah Nur Aliah: Ini Amalan Penghapus Dosa

Pada pemaparannya, Ustazah menyampaikan bahwa untuk meraih surga-Nya itu tidaklah mudah, hal tersebut membutuhkan perjuangan besar.

"Surga itu tidak dapat diraih dengan diri yang bermalas-malasan, melainkan ada perjuangan untuk dapat masuk ke dalam surga-Nya. Salah satunya ialah memperbanyak amalan pada bulan Ramadan," tegas Ustazah Maryam.

Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan pembagian Kelompok Belajar Islam bersama Komunitas Gen-H kepada seluruh peserta yang hadir. (*)

Baca Juga : Sambut Ramadan dan Raih Kemuliaan, FMDKI Surabaya Sukses Gelar Kegiatan Karimah

Reporter: Try Aulia

#karimah #FMDKI