Rabu, 23 Februari 2022 13:06

Tiap Hujan Banjir Mengepung, Warga Pangkep: Kita Sudah Mirip-Mirip Jakarta

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Salah satu titip yang tergenang banjir di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Rabu (23/2/2022).
Salah satu titip yang tergenang banjir di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Rabu (23/2/2022).

"Kita sudah mirip-mirip Jakarta, tiap hujan pasti banjir. Pemerintah tak ada upaya untuk mengatasinya," ketus Syahrir.

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Banjir merendam sejumlah titik di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Rabu (23/2/2022). Titik terparah terjadi di pusat Kota Pangkep.

Banjir yang melanda tiap turun hujan pun mendapat sorotan dari warga. Aktivis sosial, Muhammad Syahrir, mengatakan pemerintah seperti kehilangan akal mengatasi banjir.

"Kita sudah mirip-mirip Jakarta, tiap hujan pasti banjir. Pemerintah tak ada upaya untuk mengatasinya," ketus Syahrir yang juga relawan di Yayasan Peduli dan Berbagi.

Baca Juga : Pangkep Dikepung Banjir, Jalan Trans Sulawesi Lumpuh Total

Salah satu yang menjadi perhatiannya adalah drainase buruk karena pendangkalan. Akibatnya, air menggenangi jalan dan rumah rumah warga.

Anggota DPRD Kabupaten Pangkep, Muchtar Sali, juga mengakui buruknya drainase jadi penyebab banjir. "Sedimen lumpur yang menutupi drainase yang dibawa banjir tidak pernah dibersihkan sehingga drainase menjadi dangkal. Inilah yang membuat air sulit mengalir," ucapnya.

Anggota DPRD Pangkep lainnya, Pattola Husain, menilai perangkat daerah terkait harusnya punya perencanaan yang matang terkait banjir.

Baca Juga : Drainase Buruk Penyebab Banjir, Dinas PU Pangkep: Anggaran Sudah Ada, Tinggal Dikerjakan

"Mereka harus bisa melakukan langkah konkret terkait penanganan banjir. Termasuk anggaran yang mereka butuhkan. Banjir sudah jadi persoalan klasik yang tak kunjung selesai," ujar legislator dari Partai Golkar ini.

Sementara itu, dinas terkait yang dihubungi belum memberikan tanggapan. Dinas Pekerjaan Umum Pangkep belum memberi komentar terkait hal ini. (*)

Penulis : Tajuddin Mustaming
#Banjir Pangkep