Jumat, 18 Februari 2022 14:20

Dianggap Berhasil, DPRD Wajo Belajar Pengelolaan Perumda ke Kabupaten Gowa

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kunjungan kerja komisi 2 DPRD Wajo ke Kabupaten Gowa.
Kunjungan kerja komisi 2 DPRD Wajo ke Kabupaten Gowa.

Komisi 2 DPRD Kabupaten Wajo mengunjungi Kabupaten Gowa untuk belajar tentang keberhasilan Pemerintah Kabupaten Gowa menjadikan Perumda berkontribusi terhadap peningkatan PAD Kabupaten Gowa.

RAKYATKU.COM - Tertarik dengan pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau Perusahaan Daerah (PERUMDA) di pemerintah kabupaten Gowa, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Gowa. Kunjungan Kerja ini untuk mendapatkan data dan informasi tentang keberhasilan Pemkab Gowa menjadikan Perumda atau BUMD bisa berkontribusi terhadap peningkatan PAD Kabupaten Gowa.

Kunjungan ini dipimpin oleh ketua Komisi 2 H. Sudirman Meru dan Anggota lainnya yang hadir H.A. Witman Hamzah Wakil Ketua Komisi 2 , H. Suryadi Bohari Sekertaris Komisi 2, Herman Arief, Mursalim, A.Batti Werang, H. Risaldi Odda, A. Sarwan dan H.A. Rasyadi. Komisi 2 Juga didampingi Langsung oleh Ketua DPRD Wajo H.A. Alauddin Palaguna dan diterima Langsung Oleh Kamsinah plt Sekda Kabupaten Gowa, Kamis (17/2/2022)

“Kami dari Komisi 2 DPRD Kabupaten Wajo bersama anggota dan didampingi Langsung oleh Ketua DPRD Wajo, sengaja mengunjungi Kabupaten Gowa utamanya untuk belajar tentang keberhasilan Pemkab Gowa menjadikan Perumda atau BUMD bisa berkontribusi terhadap peningkatan PAD Kabupaten Gowa,” ungkap H. Sudirman Meru.

Baca Juga : DPRD Wajo Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2023 Bersama Pj Bupati

H. Sudirman menjelaskan, pihaknya akan belajar tentang kiat-kiat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sisi BUMD atau Perumda dan juga meningkatkan pajak daerah. Kami tau bahwa thn 2018 BUMD KabupatenGowa pernah mendapatkan penghargaan Top BUMD dari Gubernur Sulsel melalui perusahan PDAM yang waktu mencapai sudah lebih 30 Ribu pelanggan.

Sementara itu, plt Sekda Kab. Gowa, Kamsinah bahwa dalam kunjungan kerja tersebut mengatakan bahwa Pemkab Gowa menyambut baik kunjungan tersebut.

“Terimakasih atas kunjungan ke Kabupaten Gowa, dengan senang hati kami akan sharing mengenai informasi-informasi yang dibutuhkan oleh DPRD Kabupaten Wajo,” kata Kamsinah.

Baca Juga : JDIH DPRD Wajo Raih Pujian Terbaik dari Kanwil Kemenkumham Sulsel

Ia mengatakan bahwa ada namanya Perumda Company Holding telah mengembangkan diri untuk 5 Unit Usaha yang Bergerak dibidang, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Jasa kontruksi dan Pariwisata.

"Untuk tahun Anggaran 2022 Perumda Company Holding ini sudah ditarget PAD 300 Juta Rupiah dan PDAM target PADnya 175 Juta Rupiah dan sekarang Pemda Gowa telah berusaha untuk lebih profesional dengan medorong Perumda berubah menjadi Persiroda supaya orientasi bisnisnya lebih lebar lagi, sekarang proses regulasinya sementara dibahas di DPRD Kab. Gowai,” kata Kamsinah.

Turut hadir dan menjelaskan secara terperinci tentang informasi yang dibutuhkan DPRD Wajo dalam pertemuan tersebut antara lain; Plt Sekda, seperti halnya Kabag Ekonomi, Keuangan , Sekertaris Bappeda dan Perwakilan Direktur PDAM Kabupaten Gowa turut hadir perwakilan Komisi 2 DPRD Kabupaten Gowa dari Patai Nasdem.

Baca Juga : Kunjungan Kerja di Wajo, Menteri PPPA Monitoring dan Evaluasi Praktik Baik Pencegahan Perkawinan Anak

"Komisi 2 DPRD Kabupaten Wajo sangat Puas dan memberikan Apresiasi Kepada Pemda Kabupaten Gowa setelah mendengarkan penjelasan secara panjang lebar baik dari Plt Sekda maupun dari pejabat yang mendampinginya, hal itu bisa menjadi bahan referensi untuk pengembangan, BUMD atau Perumda, atau Persiroda di Kabupaten Wajo ke depan," jalas H. Sudirman Meru.

 

Penulis : Abd Rasyid. MS
#DPRD Wajo #Pemda Gowa #kunjungan kerja