Kamis, 30 Desember 2021 16:43

Resmi Dilantik, Kepala Sekolah Muhammadiyah Cabang Makassar Diminta Buat Inovasi dan Jalin Kerja Sama

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Resmi Dilantik, Kepala Sekolah Muhammadiyah Cabang Makassar Diminta Buat Inovasi dan Jalin Kerja Sama

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Makassar H Usman Dahlan menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat bagi para kepala sekolah yang baru saja dilantik.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Empat kepala sekolah Muhammadiyah se-Cabang Makassar Kota Makassar resmi dilantik.

Kegiatan pelantikan ini dilaksanakan di aula SMK Muhammadiyah 3 Makassar, kompleks Perguruan Muhammadiyah Cabang Makassar, Jl Muhammadiyah Makassar, Kamis (30/12/2021).

Mereka yang dilantik Kepala MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar Dahlan Sulaiman, SAg, MPdI, Kepala MA Muallimin Muhammadiyah Muhajir Basri, SPdI, Kepala SMA Muhammadiyah 6 Makassar Saiful Kaharuddin, SPdI dan Kepala SMK Muhammadiyah 3 Makassar Ruslan, SE, MM.

Baca Juga : Diguyur Hujan, Milad Muhammadiyah Tingkat kota Makassar Berlangsung Meriah

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Makassar H Usman Dahlan menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat bagi para kepala sekolah yang baru saja dilantik, pihaknya meminta apa yang diikrarkan saudara wajib dilaksanakan, sebab itu amanah yang harus dipertanggungjawabkan.

"Salah satu tugasnya adalah senantiasa menjaga, merawat sekolah terutama memajukan, menjalin kemitraan dan terus kembangkan sekolah ini," kata H Usman Dahlan saat sambutan.

 

Ia pula menyampaikan perjalanan sejarah sekolah muallimin dirintis, dimulai dengan bersama-sama kumpulkan uang untuk membeli tanah dengan penuh tekad dan semangat dakwah yang kuat.

Baca Juga : Vaksinasi Lintas Agama Muhammadiyah Makassar Siapkan 3.000 Dosis, Silakan Daftar di Sini

"Sehingga kita perlu banyak membaca sejarah dan tentu berterima kasih kepada para pendahulu, insyallah sudah menjadi amal jariyah bagi mereka," tuturnya.

Sponsored by MGID

Terpisah disampaikan, Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Makassar Drs Anwar Zainuddin mengatakan, suasana pelantikan ini sesungguhnya diharapkan untuk menciptakan inovasi dan terobosan baru demi kemajuan sekolah mendatang.

"Dengan pelantikan tentu semua kita ingin ada inovasi baru yan akan datang," harapnya.

Baca Juga : Sebut Amanah yang Sangat Berat, Jusli Aras Mengaku Sesak Napas Dilantik Jadi Direktur RSIA Khadijah 1

Tak hanya itu, Ia menambahkan bahwa majelis dikdasmen mulai pimpinan pusat hingga ke pimpinan cabang memiliki program prioritas yang telah disusun bersama dan diharapkan berjalan optimal.

"Salah satu programnya adalah sistem gerakan; bagaimana penguatan akhlak dan ideologi Muhammadiyah bisa dimassifkan disekolah, penguatan organisasi dan kepemimpinan; pemetaan dan potensi perguruaan muhammadiyah dalam sistem pengkaderan," tuturnya.

Juga diharapkan jalin kemitraan; dituntut untuk memaksimalkan kemitraan dalam pengembangan pendidikan, dan juga program peningkatan sumber daya manusia; meningkatkan kualitas kepemimpinan pembelajaran baik kepala sekolah dan guru. "Yang terpenting juga adalah tata kelola pelayanan dengan baik," harapnya.

Baca Juga : Akhir Pekan Ini, Muhammadiyah Makassar Gelar Vaksinasi Massal Gratis

Terpisah disampaikan, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Drs H Mawardi Pewangi, MPdI berharap bahwa ikrar yang dilafazkan itu bisa direnungkan mendalam, pihaknya berharap ikrar itu bisa disimpan dimeja kerja.

Wakil Rektor IV Unismuh Makassar ini menambahkan bahwa menjadi kepala sekolah harus memiliki sifat optimis, punya mimpi-mimpi dan cita-cita untuk terus memajukan dan mengembangkan sekolah.

"Sekolah Muhammadiyah itu memiliki ciri identitas dan kelebihan, dibanding sekolah yang lain," tambahnya.

Baca Juga : Muhammadiyah Makassar: Tindakan Teror Sangat Bertentangan dengan Agama Mana pun

Menurutnya, yang perlu dibenahi dan diperhatikan pula adalah pandangan mata, yakni keindahan dan kebersihan yang harus menjadi prioritas. pasalnya dengan kebersihan anak-anak bisa belajar nyaman dan bisa berfikir jernih.

Dengan demikian, ia menyampaikan yang terpenting adalah bagaimana kita semua yang hadir tidak boleh meninggalkan generasi yang lemah, baik itu lemah aqidahnya, agamanya, ekonominya dan akhlaknya.

"Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar," kata Mawardi Pewangi yang mengutip surah An-Nisa Ayat 9.

Baca Juga : Muhammadiyah Makassar: Tindakan Teror Sangat Bertentangan dengan Agama Mana pun

Turut hadir dalam pelantikan ini Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Tamrin Taha, Wakil Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Makassar Mirajuddin.

Hadir juga Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Makassar Drs. Anwar Zainuddin, Ketua PC Muhammadiyah Makassar H. Usman Dahlan, Sekretaris PC Muhammadiyah Makassar Fadli Suraim, S.Pd, Pengawas Sekolah baik dari Dinas Pendidikan Makassar dan Kementerian Agama Makassar hingga para guru dan karyawan 4 satuan pendidikan.

#Muhammadiyah Makassar