Jumat, 29 Oktober 2021 23:59

Ini 10 Besar lomba Inovasi Lingkup SKPD Kota Parepare

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ini 10 Besar lomba Inovasi Lingkup SKPD Kota Parepare

Lomba inovasi diharapkan memberikan hasil yang baik untuk peningkatan semangat inovasi Pemerintah Kota Parepare dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas.

RAKYATKU.COM,PAREPARE -- Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan lomba inovasi daerah tahun 2021, yang diikuti SKPD lingkup Pemkot Parepare.

Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun mengatakan, ada 24 inovasi dari 10 SKPD dan tiga UPTD yang berkompetisi pada lomba inovasi tahun ini.

Lomba inovasi tersebut, kata Zulkarnaen, bertujuan untuk mendorong semangat sebagai upaya peningkatan pelayan publik. Sehingga memacu dan memotivasi SKPD untuk meningkatkan kreativitas sesuai dengan bentuk inovasi, serta memberikan apresiasi dan penghargaan bagi para inovator.

Baca Juga : Pemkot Parepare Gelar Nobar Indonesia Vs Uzbekistan di Lapangan Andi Makkasau

“Lomba Inovasi Kota Parepare Tahun 2021 dilaksanakan untuk lebih meningkatkan kemampuan aparat dalam menciptakan inovasi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih optimal di Kota Parepare,” kata dia.

Dia berharap lomba inovasi ini memberikan hasil yang baik untuk peningkatan semangat inovasi Pemerintah Kota Parepare dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas.

Pendamping Lomba Inovasi Daerah, Megawati Nadin mengaku, pelaksanaan verifikasi lapangan sudah selesai dan tanpa hambatan. Selanjutnya, kata dia, tinggal menunggu pengumuman pemenang lomba inovasi daerah tersebut.

“Alhamdulillah, verifikasi lapangan berjalan lancar. Insya Allah pemenang lomba inovasi daerah rencananya akan diumumkan pada tanggal 8 November, dirangkaikan dengan refleksi kepemimpinan 8 tahun Bapak Wali Kota Taufan Pawe,” sebut dia.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

10 inovasi yang masuk tahap verifikasi lapangan:

1. Inovasi Mappadeceng (Melayani Penerbitan Dokumen Adminduk Secara Terintegrasi dan Membahagiakan) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

2. Inovasi Siap Menanti (Sistem Aplikasi Media Pelayanan dan Informasi) dari UPTD Penerangan Jalan Umum (PJU).

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

3. Inovasi Pengaduan Dalam Genggaman (e- Pengaduan) dari Inspektorat.

4. Inovasi Semut Merah (Sehat Murah dengan Meramu Rempah) dari UPTD Puskesmas Lapadde.

5. Inovasi I’M Yours dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar).

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

6. Inovasi Kamasutra (Kerjasama Sistem Pemanfaatan Data Kependudukan Terpadu) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

7. Inovasi Slogan 3R atau Sampah Olah dengan Reuse, Reduce dan Recycle (pemanfaatan sampah organik sisa-sisa sayur-sayuran dan buah-buahan para pedagang/penjual di Pasar Lakessi menjadi pupuk kompos) dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

8. Inovasi Peduli PNS (Program Edukasi dan Layanan Administrasi Kepegawaian Pegawai Negeri Sipil) dari Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia Daerah.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Managemen RSUD Andi Makkasau Tanam Puluhan Batang Pohon

9. Inovasi Lancar HD (Layanan Antar Jemput Cuci Darah Pasien Hemodialisis) dari RSUD Andi Makkasau.

10. Inovasi Karampa Baca dari Kecamatan Bacukiki.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare