Selasa, 26 Oktober 2021 08:02

Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar Sebut Taufan Pawe Kepala Daerah Paling Inovatif

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Taufan Pawe
Taufan Pawe

Kepala Puslatbang LAN mendorong Kota Parepare bisa membuat satu buku tentang inovasi Kota Parepare.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan (Puslatbang) dan Kajian Manajemen Pemerintahan (KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Andi Taufik melontarkan pujian kepada Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Andi Taufik menilai, Taufan Pawe kepala daerah paling inovatif. Kemajuan Kota Parepare sangat siginifikan. Hal itu bisa dilihat sebelum dan saat Kota Parepare dinakhodai pria berakronim TP itu.

Taufik mengatakan hal tersebut saat pembukaan pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah Kota Parepare tahun 2021 di Kantor Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Jalan Baruga, Makassar, Senin (25/10/2021).

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

"Sebelum dijabat Pak TP, Kota Parepare minim inovasi. Kita lihat sekarang setalah beliau (Taufan Pawe) memimpin, dari waktu ke waktu inovasi terus tumbuh dan ada dimana-mana," katanya.

Dirinya menjelaskan, secara filosofi, inovasi sulit hadir jikalau digerakkan dari bawah saja. Harus pemimpin yang menggerakkan inovasi itu. Dan itu terjadi di Kota Parepare di bawah kendali Taufan Pawe.

Bahkan Andi Taufik menjadikan Kota Parepare ikon inovasi daerah. Tak heran Kota Parepare dijadikan tempat pembelajaran bagi daerah lain di Indonesia.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

"Sebagai putra daerah Kota Parepare, saya sangat senang dan bangga Kota Parepare memiliki pemimpin seperti Bapak Taufan Pawe. Makanya Parepare kita jadikan ikon untuk inovasi daerah," jelasnya.

"Setiap kesempatan saya mendorong pemerintah daerah di Indonesia untuk studi banding di Parepare. Saya meminta mereka melihat langsung, belajar, dan meniru kepimpinan, pengawasan, administrasi di Parepare," ungkapnya.

Tak sampai di situ, dirinya meminta Taufan Pawe membuat buku inovasi Pemkot Parepare. Dirinya ingin menjadikan buku tersebut menjadi referensi wajib bagi pemerintah daerah yang menggelar pelatihan dan kerja sama di Puslatbang KMP LAN RI Makassar.

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

"Kami mendorong Kota Parepare bisa membuat satu buku tentang inovasi Kota Parepare. Dan itu akan kami jadikan buku wajib pada semua pelatihan kepemimpinan kita dan diharapkan menginspirasi seluruh daerah di Indonesia," bebernya.

Sementara Wali Kota Parepare, Taufan Pawe turut mengapresiasi Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Andi Taufik. Betapa tidak, semenjak kedua pihak melakukan MoU kerja sama, inovasi Pemkot Parepare semakin menonjol.

Kepala daerah bertalar belakang profesional hukum ini juga mengingatkan kembali para jajaran Pemkot Parepare akan pentingnya integritas.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Managemen RSUD Andi Makkasau Tanam Puluhan Batang Pohon

"ASN yang tidak berintegritas akan sulit berinovasi. Mengingat di dalam integritas ada kapasitas. Di era digitalisasi saat ini tidak ada alasan bagi ASN tidak melek dengan perkembangan kekinian. Kita dituntut untuk terus berinovasi," katanya.

Ketua Golkar Sulsel ini meminta seluruh jajarannya untuk tidak pernah berhenti belajar dan selalu menghasilkan inovasi. Kepuasan masyarakat Kota Parepare atas pelayanan pemerintah daerah harus terus dijunjung.

"Inovasi itu adalah kemauan kuat dari imajinasi yang tajam untuk lain dari pada yang lain. Secara umum inovasi itu menuju peradaban yang lebih baik," pungkasnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#HM Taufan Pawe #Pemkot Parepare