Kamis, 25 April 2024 21:06

SMKN 6 Makassar Gelar Pinisix Fest 2024

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
siswa menampilkan fashion show dimana busana dan makeup semua hasil tangan siswa SMKN 6 Makassar, kamis (25/4)
siswa menampilkan fashion show dimana busana dan makeup semua hasil tangan siswa SMKN 6 Makassar, kamis (25/4)

tujuan kegiatan ini adalah untuk memamerkan hasil karya keterampilan, pengetahuan, dan keahlian kejuruan melalui presentasi, demonstrasi praktis, maupun proyek kreatif, dan juga dapat menjadi indikator ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL),

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Makassar menggelar pentas konpetensi kejuaran yang digelar di Swiss-belinn Panakkukang Makassar kamis(25/4).

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh siswa-siswi tingkat akhir, mengangkat tema Pinisix Fest 2024 dan diikuti oleh lima jurusan yakni tata busana, tata kecantikan, akutansi dan lembaga keuangan, perhotelan dan kecantikan .

Kepala Sekolah SMKN 6 Makassar, Andi Nursidah Galigo, S.Pd, M.Pd mengatakan pentas Kompetensi Kejuruan ini merupakan syarat kelulusan para siswa pada lima jurusan yang ada.

"Jadi, tujuan kegiatan ini adalah untuk memamerkan hasil karya keterampilan, pengetahuan, dan keahlian kejuruan melalui presentasi, demonstrasi praktis, maupun proyek kreatif, dan juga dapat menjadi indikator ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL)," urainya.

Harapannya siswa semakin kompeten pada jurusan masing-masing sehingga ketika lulus mereka bisa terserap di industri atau pun menjadi enterpreneur yang menciptakan peluang kerja bagi yang lain.

Ketua Panitia Pinisix Fest 2024, Hj. Masillang Spd,Mpd, kegiatan ini diikuti oleh 138 siswa dimana setiap jurusan memamerkan hasil karya mereka dan akan di nilai.

"Jadi karya yang ditampilkan oleh anak-anak di PINISIX FEST 2024 ini merupakan hasil inspirasi mereka sendiri yang dikerjakan dalam waktu tiga hari saja. Seluruh proses hingga produksinya dilakukan oleh mereka sendiri. Mendesain, cari bahan, pola, menjahit dan proses lainnya, siswa-siswinya yang memerkan karyanya hari ini tentu memiliki konsep yang bervariasi dan tematik," tambahnya

Adapun rangkaian kegiatan yang digelar hari ini seperti fashion show oleh jurusan Busana, gelar karya Tata Kecantikan, dan pameran hasil karya jurusan Kuliner, Perhotelan, dan Akuntansi.

Semakin menarik, karena kegiatan ini dihadiri beberapa desainer fashion profesional, pelaku industri, pemilik usaha di bidang fashion.

"Kami berharap apa yang mereka tampilkan hari ini menjadi butik bahwa siswa SMKN 6 Makassar siap masuk dan bersaing di industri pekerjaan, sebagai guru pembimbing tentunya berharap siswa tidak cepat puas dengan hasil dan karya mereka hari ini tetapi bisa terus belajar mengeksplore dirinya sehingga bisa terus mengikuti perkembangan dan kemajuan baik di dunia fashion, perhotelan serta akuntasi dan lembaga keuangan,"tutup Masillang yang juga guru tata busana.

#SMKN 6 Makassar #Pinisix Fest 2024